Jawa Pos

Siagakan Listrik untuk UNBK

-

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur Cabang Surabaya mengadakan rapat kesiapan pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA/SMK kemarin (29/3). Dalam rapat tersebut, dispendik mengganden­g Telkom, PLN, dan kepolisian untuk meningkatk­an dan menjaga kelancaran UNBK.

Kepala Dispendik Jatim Saiful Rachman mengatakan, rapat itu diadakan sebagai bentuk komitmen bersama antara sekolah dan berbagai pihak yang terlibat langsung dalam kelancaran UNBK. ”Besok (hari ini, Red) untuk SMK sudah mulai sinkronisa­si. Sekolah sudah harus mempersiap­kan segala hal,” jelasnya

Koordinato­r Help Desk Kota Surabaya Ahmad Nasrullah Jamaludi menyampaik­an bahwa persiapan teknis sekolah untuk SMK telah rampung. Sekolah tinggal menunggu proses sinkronisa­si yang berlangsun­g hingga Minggu (2/4).

Untuk mengatasi trouble saat sinkronisa­si, tim help desk sudah memberikan informasi kepada sekolah agar memperhati­kan imbauan dari pusat. Terutama jadwal sinkronisa­si yang sudah diatur. ”Proktor di setiap sekolah harus tahu jadwal sinkronisa­si. Ada jamjam tertentu,” terangnya.

Ada tiga tahap bantuan yang bisa dihubungi sekolah kalau muncul masalah. Yakni, melalui help desk kota, help desk provinsi, dan help desk pusat.

Help desk kota biasanya mena- ngani masalah token tidak muncul dan sekolah gagal melakukan sinkronisa­si. Help desk provinsi memiliki kewenangan untuk unlock SN dan unlock sinkron. Help desk pusat dapat menangani masalah yang tidak teratasi oleh kabupaten/ kota atau provinsi. ”Namun, kami menyaranka­n sekolah untuk terlebih dahulu berkoordin­asi dengan help desk kota,” jelasnya.

General Manager Telkom Wilayah Surabaya Muhammad Nasrun Ihsan mengatakan, Telkom sudah menerjunka­n tim yang bersiaga di sebelas wilayah di Surabaya. ”Jika nanti ada gangguan jaringan, kami siap membantu dan datang ke sekolah,” terangnya.

Kepala SMAN 6 Nurseno mengatakan, motivasi kejujuran terus ditanamkan kepada siswa. Meski sudah ada closed circuit television (CCTV) di ruang ujian, pengawas tidak serta-merta mengandalk­an peranti teknologi itu. ” Tetap harus kejujuran yang diutamakan,” jelasnya.

Kemarin pakta integritas juga sudah disepakati. Yang menjadi poin penting dalam pakta integritas itu adalah komitmen untuk menjaga kerahasiaa­n soal. Juga, sanggup meningkatk­an kualitas dan tidak menerima sesuatu atau sogokan terkait dengan pelaksanaa­n UNBK. ”Sanggup melaksanak­an tugas sesuai SOP,” tuturnya.

Selain itu, komitmen untuk melaksanak­an UNBK dengan baik harus dijunjung. Terutama menjaga keamanan dan kelancaran ujian. Saat ini sekolah juga memastikan perangkat UNBK dalam keadaan baik. Baik komputer, server, kabel, maupun jaringan. ”Supaya jangan ada trouble,” lanjutnya. (elo/puj/ ant/c7/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia