Jawa Pos

Stimulus Properti lewat Material Bangunan

-

SURABAYA – Secara umum industri properti nasional menurun sejak 2–3 tahun terakhir. Beberapa proyek di perkotaan mengalami stagnasi. Karena itu, diperlukan cara untuk mendongkra­k kembali pasar properti.

Event Manager PT Debindo Mitra Tama Amir Alkatiri menyatakan, melambatny­a sektor properti tidak terlepas dari kondisi perekonomi­an nasional. Dia menilai, industri properti memerlukan stimulus supaya bergairah kembali.

Di tataran teknis, stimulus tersebut bisa berupa alternatif material yang dibutuhkan bagi suatu proyek konstruksi. ”Terutama bagaimana mendapatka­n material yang mudah dan menghemat waktu sehingga biayanya lebih murah,” ujarnya di sela pembukaan Indobuildt­ech Expo Surabaya 2017 di Surabaya kemarin (5/4).

Pameran diharapkan bisa menjadi sarana bagi kontraktor maupun developer realestat untuk memperoleh subtitusi material tersebut. ”Misalnya, harga tukang bangunan yang mahal disiasati dengan menggunaka­n material yang aplikasiny­a cepat,” lanjutnya. Bukan hanya pebisnis, end user juga berusaha menekan biaya pembanguna­n.

Dari sisi pabrikan, tiap tahun juga selalu dikeluarka­n produk baru untuk memperbaru­i teknologi yang diterapkan. Baik produk eksterior maupun interior. ”Seperti pintu baja dengan motif kayu,” sebutnya.

Sementara itu, peserta pameran yang berpartisi­pasi berjumlah 68 perusahaan, mulai pabrikan, distributo­r, hingga importir. Produk yang dipamerkan adalah bahan bangunan dan interior properti seperti flooring, roofing, struktur, material konstruksi bangunan. Misalnya, pipa dan beton. Hingga perlengkap­an interior seperti lampu dan pemanas air. (res/c25/sof)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? EKSHIBISI: Suasana hari pertama Indobuildt­ech Expo Surabaya 2017 di Grand City Convex, Surabaya, kemarin. Pameran tersebut berlangsun­g sampai 9 April.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS EKSHIBISI: Suasana hari pertama Indobuildt­ech Expo Surabaya 2017 di Grand City Convex, Surabaya, kemarin. Pameran tersebut berlangsun­g sampai 9 April.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia