Jawa Pos

Rumah di Lahan (Sangat) Memanjang

-

Dear Tim Griyanggit­a,

Saya ingin membangun rumah dengan panjang 42,4 m; lebar depan 8,7 m; dan lebar belakang 10,4 m. Luas total 406 meter persegi. Kami ingin ada ruang tamu, ruang makan dan dapur, ruang keluarga, empat kamar tidur (1 kamar utama, 2 kamar anak, dan 1 kamar untuk tamu), plus satu ruang kerja meski kecil. Jangan lupa musala, kamar mandi, garasi, taman, dan gudang. Mohon bantuan tim untuk mendesain rumah. Terima kasih.

Pamekasan

JAWAB Riska,

Lahan Bu Riska berbentuk memanjang dan luasnya sangat memadai untuk menampung berbagai kebutuhan yang disebutkan. Dalam merancang di lahan memanjang, perlu diperhatik­an agar tidak menghasilk­an ruangan atau ruang sisa yang memanjang pula sehingga terkesan sempit. Untuk itu, kami rencanakan pembagian zona utama menjadi tiga.

Bagian depan merupakan zona untuk menerima tamu. Terdapat pula garasi untuk mobil dan satu motor serta gudang. Bagian tengah bersifat lebih privat, terdiri atas dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Ruang tidur terletak di bagian paling belakang. Masing-masing zona dikeliling­i ruang terbuka berupa taman dan kolam sehingga memiliki penghawaan, dan pencahayaa­n yang baik.

Agar memperoleh sinar matahari sebanyak-banyaknya, sebaiknya ruang jemur berada di atas area kamar mandi dengan akses tangga putar yang terletak di taman kering (14). Selamat membangun.

(*)

 ??  ?? DENAH
DENAH

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia