Jawa Pos

Jatim Park 3 Longsor, 7 Pekerja Terluka

Di Area Plengsenga­n

-

BATU – Tujuh pekerja pembanguna­n wisata baru Jatim Park 3 ketiban sial kemarin (5/4). Saat asyik beristirah­at siang, mereka tertimpa reruntuhan akibat longsor di area pembanguna­n Jatim Park 3 di Jalan Ir Sukarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Korban tersebut, antara lain, Jumar, 68, asal Ngantang; Samsu, 45, warga Rembang; Wartono, 34, dari Pujon; dan Roy Saputro, 16, asal Ngantang. Selanjutny­a, Witono, 36; Krimiadi, 29; serta Taufik, 41. Mereka berasal dari Ngantang. Korban dirawat di rumah sakit baptis sesaat setelah kejadian.

Kasatreskr­im Polsek Junrejo AKP Dzaky Zul Qurnain menyatakan, longsor itu terjadi pukul 11.30 kemarin (5/4). Saat itu para pekerja beristirah­at setelah memasang tembok. ”Begitu mendengar suara gempa, para pekerja langsung berusaha lari,” ucapnya.

Namun, kejadian berlangsun­g cepat sehingga ketujuh orang yang terjebak dan tertimpa reruntuhan mengalami luka. Dua di antaranya mengalami luka di kepala, satu mengalami luka memar di kaki kiri, satu patah kaki, dan dua luka ringan.

Menurut Kepala Seksi Peralatan dan Logistik BPBD (Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah) Kota Batu Ahmad Choirul Rokim, dari hasil pantauanny­a, lokasi kejadian berada di area plengsenga­n. Lokasi kejadian dari jalan utama berjarak 500 meter. Luas area yang longsor mencapai 50 meter dengan tinggi plengsenga­n 15 meter. ”Posisi pekerja beristirah­at siang dan kejadianny­a tiba-tiba,” imbuhnya.

Sementara itu, Project Manager PT Batu Maju Bersama Suryo Widodo menambahka­n bahwa kejadian tersebut murni karena faktor alam. Sebab, beberapa hari terjadi hujan yang cukup deras. ”Sehingga hal ini mengakibat­kan tanah menjadi banyak air,” ucapnya.

Atas kejadian itu, pihaknya akan bertanggun­g jawab penuh terhadap biaya perawatan di rumah sakit. Setelah dirawat, terang dia, para pekerja sudah dipulangka­n ke rumah masing-masing.

Suryo menambahka­n, di lokasi yang longsor tersebut, nanti dibangun istana boneka. Saat ini pembanguna­nnya masih tahap pengurukan. Nah, karena faktor cuaca yang hujan deras selama dua hari ini, tanah menjadi tidak kuat menahan air. Tanah pun bergerak ke bawah sehingga terjadilah tanah ambrol. (dia/lid/c24/diq)

 ?? RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG ?? BERLANGSUN­G CEPAT: Bangunan yang akan dipakai istana boneka di kompleks Jatim Park 3, Jalan Ir Sukarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, ambrol.
RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG BERLANGSUN­G CEPAT: Bangunan yang akan dipakai istana boneka di kompleks Jatim Park 3, Jalan Ir Sukarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, ambrol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia