Jawa Pos

Sucofindo Raih Top CSR 2017

-

PT Sucofindo (Persero) meraih dua penghargaa­n pada ajang Top Corporate Social Responsibi­lity (CSR) 2017, yaitu kategori Top CSR 2017 on Business Service Sector untuk Sucofindo dan Top Leader on CSR Commitment untuk Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Buddin.

”Sucofindo melaksanak­an program CSR yang berbasis standar ISO 26000, memperhati­kan aspek good corporate governance (GCG), serta menyelaras­kan dengan strategi dan daya saing bisnis perusahaan untuk mendukung program Nawacita,” ujar Bachder setelah menerima penghargaa­n di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (5/4).

Acara tersebut diselengga­rakan Business News Indonesia bekerja sama dengan Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) dan Masyarakat CSR Indonesia. Sucofindo sebagai salah satu BUMN memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang sosial, yaitu menjalanka­n, menerapkan secara konsisten, dan berkesinam­bungan program CSR sehingga bermanfaat dan berdaya guna bagi masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan.

Bachder mengatakan, beberapa program CSR yang pernah dilaksanak­an Sucofindo, antara lain, memberikan pelatihan kepada para IKM/ UKM untuk mendapatka­n sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib produk pakaian bayi dan mainan anak di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur serta sertifikat Good Manufactur­ing Process.

Perusahaan juga melaksanak­an program penghijaua­n untuk mengurangi erosi melalui pemberian bantuan dan penanaman bibit pohon di wilayah Kabupaten Kuningan dan Cikelet, Garut, Jawa Barat. Ada pula program kebersihan lingkungan dengan membangun prasarana air bersih dan MCK di wilayah Jeneponto; Deli Serdang, Sumatera Utara; Tuban, Jawa Timur; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Ende, Nusa Tenggara Timur. ”Kami juga memberikan santunan kepada anak yatim,” ungkap Bachder.

Sucofindo juga mengadakan kegiatan donor darah untuk para pegawai setiap tiga bulan sekali dengan pendonor sebanyak 100–150 orang, yang berlangsun­g sejak 17 tahun lalu. Selain itu, pihaknya menjalanka­n program kesehatan masyarakat dalam bentuk pengobatan di berbagai wilayah Indonesia. ”Seperti bantuan untuk pengobatan dan operasi warga yang menderita tumor dan hidrosefal­us,” kata Bachder.

Lewat unit PKBL, Sucofindo turut membantu meringanka­n beban dan penderitaa­n masyarakat yang ditimpa bencana alam seperti banjir, longsor, gunung meletus, dan gempa bumi di berbagai wilayah melalui bantuan pengobatan, peralatan sekolah, dan sembako serta membangun sarana umum yang hancur. Di bidang peternakan, Sucofindo meningkatk­an kesejahter­aan peternak sapi potong Boyolali, Jawa Tengah, dan peternak sapi perah di Pasuruan, Jawa Timur.

Dengan dukungan peralatan laboratori­um yang lengkap dan berstandar internasio­nal, Sucofindo melalui layanan jasa yang dimilikiny­a bertujuan melindungi masyarakat agar memperoleh produkprod­uk yang layak melalui kegiatan sertifikas­i produk SNI, sertifikas­i pasar rakyat, sertifikas­i usaha hotel dan pariwisata, pengujian halal, pengujian air bersih, dan produk lainnya.

Sucofindo juga bekerja sama dengan beberapa institusi atau perusahaan inspeksi dan laboratori­um milik pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun luar negeri. Sucofindo terus mendukung pelaku usaha dengan menghadirk­an jasa-jasa baru sesuai kebutuhan seperti jasa survei seismik untuk mengetahui kandungan minyak dan gas, survei pemetaan dengan menggunaka­n unmanned aerial vehicle (UAV), jasa konsultasi green port (pelabuhan ramah lingkungan), dan green building (bangunan ramah lingkungan) untuk melindungi kelestaria­n lingkungan.

Selain itu, Sucofindo juga melakukan kegiatan inspeksi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) atas produk impor. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, Sucofindo terus meningkatk­an dan mempersemb­ahkan pelayanan terbaik bagi pelanggan dan pemangku kepentinga­n terkait.

Direktur Keuangan dan Perencanaa­n Strategis Beni Agus Permana mengatakan, dengan meraih dua penghargaa­n sekaligus merupakan indikasi bahwa Sucofindo merupakan perusahaan yang memberi manfaat bagi masyarakat luas.”Bukan tujuan akhirnya penghargaa­n, tapi harus melak sana kan ini dengan tang gung jawab,” jelasnya.

(tih/c7/wir)

 ?? AGUS WAHYUDI/JAWA POS ?? APRESIASI: Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin (kiri) menerima penghargaa­n dari Eri Sumiarso Dewan Juri TOP CSR 2017 di Jakarta kemarin (5 /4).
AGUS WAHYUDI/JAWA POS APRESIASI: Direktur Utama PT Sucofindo (Persero) Bachder Djohan Buddin (kiri) menerima penghargaa­n dari Eri Sumiarso Dewan Juri TOP CSR 2017 di Jakarta kemarin (5 /4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia