Jawa Pos

Polisi Pulangkan 67 Orang Diduga Preman

-

MOJOKERTO – Ketegangan di Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, perlahan mulai ada titik terang. Kemarin Satreskrim Polres Mojokerto mulai mengusut akar masalah yang melibatkan 67 orang yang diduga preman.

Salah satunya, menyelidik­i siapa dalang yang mengirimka­n puluhan orang itu. RD diduga sebagai orang yang bertanggun­g jawab atas kegaduan pada Selasa (5/4). Kemarin dia dipanggil untuk menjalani pemeriksaa­n di ruang penyidik satreskrim.

”Sekarang kami memeriksa RD,” ucap Kasatreskr­im Polres Mojokerto AKP Budi Santoso.

Menurut dia, langkah kepolisian tersebut sekaligus dimaksudka­n untuk menjawab polemik yang berkembang di tengah masyarakat selama dua hari belakangan. RD, terang Budi, harus bertanggun­g jawab. ”Dia diduga memiliki peran penting di belakang aksi itu,’’ imbuhnya.

Hasil pemeriksaa­n menyebutka­n, 67 suruhan yang sempat diamankan, termasuk Dwi Okta Prasetyo (koordinato­r aksi), ke Mapolres Mojokerto mengaku menjadi korban PHP (pemberi harapan palsu) dari sosok RD. Mereka mengaku dijanjikan diberi pekerjaan dan upah Rp 150 ribu per orang. Itu diberikan jika mereka mau bergabung datang di pabrik PT BNM di Desa Medali.

”Sebanyak 67 orang tersebut hanya korban. Mereka dihasut RD untuk ikut. Tapi, nyatanya uang yang dijanjikan juga belum diberikan,” ujarnya.

Saat ini pabrik karet itu diminta tetap tidak beroperasi sebelum ada putusan inkracht Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya atas gugatan PT MHI perihal pencabutan SK Bupati Mojokerto. Oleh polisi, ke-67 orang yang sempat diamankan pada Selasa malam (4/4) tersebut sudah dipulangka­n ke rumah masing-masing kemarin.

Budi menyatakan, berdasar hasil penyelidik­an polisi, mereka tidak terbukti melakukan tindakan yang melanggar hukum. Aksi mereka di Desa Medali belum memenuhi unsur pidana. ”Tidak sampai melakukan perbuatan melawan hukum,” tegasnya.

Namun, untuk mempertang­gungjawabk­an perbuatan mereka, puluhan orang tersebut harus membuat pernyataan tidak mengulangi yang disaksikan kepala desa (Kades) masing-masing. ”Saat pemulangan, kami juga melibatkan Kades masing-masing untuk menjamin warganya,” tutur Budi. (ori/ris/c24/diq)

 ?? JAWA POS RADAR MOJOKERTO ?? KORBAN PHP: Puluhan preman diamankan di Mapolres Mojokerto Selasa lalu. Mereka diamankan setelah disandera ribuan warga Desa Medali karena hendak memasuki area pabrik karet.
JAWA POS RADAR MOJOKERTO KORBAN PHP: Puluhan preman diamankan di Mapolres Mojokerto Selasa lalu. Mereka diamankan setelah disandera ribuan warga Desa Medali karena hendak memasuki area pabrik karet.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia