Jawa Pos

Kerusakan Jalan Semakin Lebar

-

KONDISI jalan raya di Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, yang ambrol karena terkikis air saat banjir pada 12 Februari 2017 belum tertangani hingga kemarin (5/4). Kini kerusakan di badan jalan dekat jembatan itu semakin parah.

Hujan yang masih sering turun dengan deras di daerah tersebut membuat kerusakan pada badan jalan kian lebar. Saat ini bagian yang bisa dilewati tinggal seperempat lebar badan jalan. Bila malam, kondisi itu sangat membahayak­an orang yang melintas karena lampu penerangan­nya minim.

Jalan raya di Desa Sambirejo termasuk jalur alternatif yang cukup ramai. Selama ini jalan tersebut sering dipakai warga untuk usaha pertanian dan jalur sekolah serta perekonomi­an. Selain itu menghubung­kan jalur ke Kecamatan Siliragung. ”Saat ambrol, waktu banjir, sudah parah. Kini semakin parah,” kata Edi, 30, salah seorang warga.

Dia menerangka­n, kini kondisi badan jalan tersebut kian parah. Bila turun hujan deras, badan jalan itu semakin terkikis. ”Jalan dekat jembatan yang ambrol tersebut berada di daerah dataran rendah. Jadi, air mengalir cukup deras,” ungkapnya.

Camat Bangorejo Didik Joko Suhono saat dikonfirma­si menyatakan, kerusakan badan jalan yang terus melebar itu disebabkan hujan yang cukup deras. Akibatnya, tanah di pinggir terbawa arus. ”Masih hujan terus. Jalan terkikis dan semakin lebar,” terangnya.

Dia mengungkap­kan, pemerintah sudah turun tangan untuk memperbaik­i jalan raya tersebut. Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kabupaten Banyuwangi telah meninjau lokasi yang rusak. ”Sudah ditinjau UPTD PU wilayah,” ujarnya.

Perbaikan jalan raya itu, lanjut dia, sudah masuk anggaran tahun 2017. Untuk memastikan perbaikan tersebut, dia akan terus melakukan komunikasi dengan dinas pekerjaan umum. ”Saya akan berkomunik­asi dengan PU,” ucapnya. (sli/abi/c24/diq)

 ?? SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? BUTUH PERHATIAN: Kerusakan jalan di Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, karena banjir pada 12 Februari 2017 semakin parah kemarin.
SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI BUTUH PERHATIAN: Kerusakan jalan di Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, karena banjir pada 12 Februari 2017 semakin parah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia