Jawa Pos

Tergila-gila Makanan Sunda

-

MUSTAHIL rasanya jika ada yang tak suka traveling. Namun, itulah yang dirasakan penyanyi cantik Agatha Suci. Meski tidak terlalu suka menjelajah­i Indonesia atau pergi ke luar negeri, finalis Indonesian Idol 2004 itu mengaku kerap hunting makanan enak ke suatu daerah. Salah satunya adalah makanan Sunda.

’’Aku kalau udah ketemu tempe, tahu, sayur asem, lalapan, dan sambal, beeeehhh, bisa kalap makannya. Karena itu makanan favorit aku banget,’’ jelas perempuan 31 tahun tersebut saat diwawancar­ai di Ritz Calton, Jakarta Selatan.

Sejauh ini, lanjut Agatha, Jawa Barat menjadi tempat favoritnya. Sebab, selain lokasinya tak jauh dari Jakarta, ibu dua anak itu mengaku memfavorit­kan makanan-makanan khas Sunda. Misalnya, saat dia berkunjung ke Bandung.

Terdapat beberapa spot kuliner khas Sunda yang menjadi favoritnya di Bandung. Salah satunya adalah Rumah Makan Nasi Bancakan. Menurut dia, tempat tersebut cukup unik dan berbeda dengan rumah makan khas Sunda di Bandung lainnya. Sebab, Rumah Makan Nasi Bancakan menawarkan sensasi cara makan berbagai menu masakan dan minuman khas Sunda seperti zaman dulu yang sangat kental dengan kesan jadul.

Bukan hanya itu, Agatha pun tak pernah absen mengunjung­i Kampoeng Sawah jika berada di kawasan Soreang, Bandung Selatan. Menurut perempuan yang sekarang berhenti makan daging tersebut, tempat itu juga menjadi salah satu surga makanan khas Sunda. Misalnya, ikan bakar, pepes ayam, tahu dan tempe, plus sambal dan lalapan segar.

’’Jadi, aku kalau ke tempat wisata di suatu daerah, pokoknya wajib ada makanan Sunda. Aku juga paling

nggak bisa makan nasi tanpa sambal. Hehe,’’ ujarnya, lantas tertawa. Bahkan, saat sedang berada di Bali, Agatha tetap mencari warung makan khas Sunda untuk melampiask­an rasa laparnya. (wik/c23/ano)

 ?? ANDREAN KRISTANTO/JAWA POS ?? Agatha Suci
ANDREAN KRISTANTO/JAWA POS Agatha Suci

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia