Jawa Pos

Puluhan TKI Ilegal Gagal Buru Ringgit

-

NUNUKAN – Gagal sudah mimpi puluhan warga Indonesia ini untuk mengais ringgit di negeri jiran. Keberangka­tan tenaga kerja ilegal itu digagalkan personel Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrim­um) Markas Besar (Mabes) Polri.

Berdasar pantauan media ini, tak hanya orang dewasa, anak-anak hingga balita juga termasuk dalam rombongan WNI yang ingin ke Sabah melalui jalur tidak resmi dengan rute Sebatik menuju Sabah dengan menggunaka­n speedboat.

Risna, 26, warga Kabupaten Bulukumba, yang ikut diamankan menyatakan, dia bersama sang ibu dan buah hatinya yang baru berusia 26 hari ingin ke Sabah untuk bertemu sang suami. Dia mengaku sudah bekerja selama setahun di Sabah. Hanya, dia pulang ke kampung halaman untuk melahirkan.

”Setelah umur dua minggu, rencana mau ke sana (Sabah, Red.). Sebab, suami berada di Sabah. Rencana mau kasih ketemu dengan bapaknya,” ujarnya kemarin (5/4).

Dia menjelaska­n, untuk sampai ke Sebatik, dirinya berangkat dari kampung halaman menuju Kota Parepare, kemudian ke Nunukan dengan kapal swasta. Setelah berada di Nunukan, dia menghubung­i pengurus agar dapat ke Sabah tanpa dokumen resmi.

Risna melanjutka­n, melalui Sebatik, dirinya dibebankan biaya RM 650 atau Rp 1.965.600 (kurs RM 1 = Rp 3.024 ) dengan menggunaka­n speedboat. Dia menggunaka­n jasa pengurus dari Sabah ke Nunukan dan sebaliknya. ”Sudah pernah buat dokumen di konsulat (KRI, Red), tapi belum diterima. Karena itu, lewat Sebatik pengurus tersebut yang bawa juga waktu pulang ke Nunukan,” ujarnya.

Sementara itu, Hardi, 23, asal Kabupaten Pinrang, tergolong nekat. Sebab, dia berangkat dari kampung halaman menuju Nunukan seorang diri. Hardi hanya berkomunik­asi dengan saudaranya di Sabah melalui telepon seluler. (akz/eza/c25/ami)

 ?? ASRULLAH/RADAR TARAKAN/JPG ?? KEMBALI KE DARATAN: Puluhan TKI ilegal saat perjalanan dari Sebatik menuju Nunukan melalui Dermaga Binalawan mendapat penjagaan ketat dari personel Polres Nunukan.
ASRULLAH/RADAR TARAKAN/JPG KEMBALI KE DARATAN: Puluhan TKI ilegal saat perjalanan dari Sebatik menuju Nunukan melalui Dermaga Binalawan mendapat penjagaan ketat dari personel Polres Nunukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia