Jawa Pos

Menanti Pertarunga­n Jagoan

Jojo Ungguli Duel Rival Sekamar

-

KUCHING – Pebulu tangkis Indonesia mampu menunjukka­n kualitasny­a untuk melanjutka­n langkah di Malaysia Open Superserie­s Premier (SSP) 2017. Sebagian besar penghuni Pelatnas Cipayung masih bisa melewati hadangan di babak pertama.

Tercatat hanya Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, finalis India Open SS pekan lalu, yang tergelinci­r. Lemahnya konsistens­i permainan mereka terlihat kala bersua pasangan Thailand Bodin Isara/Nipitphon Phuangphua­pet. Angga/Ricky takluk rubber game 18-21, 21-16, 16-21 dalam pertanding­an yang berlangsun­g di Stadium Perpaduan, Kuching, Sarawak, Malaysia, kemarin (5/4).

Problem konsistens­i itu tidak berlaku bagi ganda putra terbaik tanah air Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Marcus/ Kevin menang dalam dua game saat meladeni pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, 21-9, 21-19. Permainan cepat yang menjadi

trademark Marcus/Kevin terlihat jelas dalam laga kemarin. Buktinya, mereka merampungk­an babak pertama 24 menit saja.

Namun, pada babak kedua hari ini, mereka bertemu lawan berat dari Tiongkok Liu Cheng/ Zhang Nan. Duel tersebut diprediksi membuat Marcus/Kevin harus bekerja ekstra.

Kemenangan juga diraih ganda putra potensial Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/ Rian menang atas delegasi Jepang Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe 19-21, 21-15, 21-19.

Selanjutny­a, Fajar/Rian akan bersua Li Junhui/ Liu Yuchen (Tiongkok). Pasangan Tiongkok itu pernah mengalahka­n Fajar/Rian di babak kedua All England pada Maret lalu. Aroma balas dendam memang hendak diangkat Fajar/Rian untuk menjadi penyemanga­t bertanding hari ini. ’’Kami kalah di All England kemarin. Kami berharap bisa ’balas dendam’ dan lolos ke perempat final,’’ kata Fajar dalam surat elektronik PP PBSI kemarin.

Dua ganda campuran terbaik tanah air, Praveen Jordan/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir, juga melaju ke babak kedua hari ini. Praveen/Debby lolos lebih dulu dengan mengalahka­n Nipithpon Puangpuape­ch/Jongkolpha­n Kittiharak­ul (Thailand) dengan skor 22-24, 21-12, 21-12.

Satu harapan diungkapka­n Debby setelah memastikan lolos ke babak kedua. ’’Kami mau ketemu Butet dan Owi (Tontowi/Liliyana). Target pertamanya itu dulu,’’ kata Debby.

Praveen/Debby masih penasaran untuk mengalahka­n senior mereka yang hingga saat ini menjadi pasangan ganda campuran terbaik Indonesia. Rekor pertemuan masih diungguli Owi/Butet dengan skor 4-1.

Jika melihat hasil undian, pasangan didikan pelatih Richard Mainaky itu berpeluang saling berhadapan di babak perempat final. Kemarin Owi/Butet mengalahka­n Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris) dengan skor 21-12, 21-14.

Sementara itu, duel sesama wakil pelatnas terjadi pada tunggal putra di babak pertama. Jonatan Christie bertemu Anthony Sinisuka Ginting. Mereka satu kamar di Pelatnas Cipayung dan sering pula bersama-sama dalam perjalanan ke luar negeri. Pertarunga­n mereka menjadi salah satu laga menarik di babak pertama kemarin. Jojo –sapaan karib Jonatan– unggul atas Ginting dua game langsung 21-17, 21-12.

Tetapi, Jojo sudah ditunggu lawan berat asal Taiwan Chou Tien Chen. Track record pertemuan dua pemain memang menjadi milik Jojo. ’’Sekarang pasti tidak gampang untuk bisa mengalahka­n Chou. Dari beberapa pertanding­an terakhir, grafik dia sedang bagus,’’ beber Jojo kepada Jawa Pos. (nap/c4/ady)

 ?? PP PBSI ?? KETEMU JUGA: Pasangan pelatnas PBSI Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro bersua Hendra Setiawan/Tan Boon Heong pada babak pertama Malaysia Open Superserie­s Premier kemarin. Ahsan/Rian unggul dalam rubber game.
PP PBSI KETEMU JUGA: Pasangan pelatnas PBSI Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro bersua Hendra Setiawan/Tan Boon Heong pada babak pertama Malaysia Open Superserie­s Premier kemarin. Ahsan/Rian unggul dalam rubber game.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia