Jawa Pos

Marquez Tak Mau Salah Pilih Lagi

-

TERMAS DE RIO HONDO – Saat menyaksika­n Marc Marquez kesulitan bertarung merebut podium di seri pembuka MotoGP Qatar, tidaklah terlalu heran karena trek tersebut memang tak terlalu ramah kepadanya. Namun, akhir pekan ini, ketika lomba kedua berlangsun­g di Argentina, tidak ada keraguan bahwa bintang Repsol Honda itulah salah satu kandidat kuat penjegal Maverick Vinales.

GP Argentina tak punya sejarah panjang di MotoGP. Tetapi, dari tiga balapan yang sudah digelar di sana, Honda selalu tampil bagus. Tiga kali lomba, Marquez selalu sukses meraih pole position plus dua kali kemenangan. Mudah untuk dipahami bahwa Termas de Rio Hondo merupakan medan yang cocok bagi Marquez untuk melupakan mimpi buruk di Losail, Qatar, dan menciptaka­n balas dendam.

’’ Trek di sana (Argentina) menyenangk­an. Aku selalu merasa nyaman. Tetapi, cengkerama­n ban selalu rendah,’’ katanya kepada GP One. Tahun lalu dua rider Honda mendominas­i podium dengan menyabet peringkat pertama dan ketiga.

Satu hal yang disesalkan Marquez di GP Qatar adalah kesalahan memilih ban. Ketika jadwal start yang sempat ditunda tiga kali, pembalap-pembalap kelas premium mengganti- ganti bannya sebelum balapan dimulai. Nah, Marquez mengganti ban belakangny­a dari hard ke medium. Itulah yang membuatnya gagal bertarung di bagian tengah sampai akhir lomba lantaran cengkerama­n bannya drop.

Setelah lomba, pembalap 24 tahun tersebut menjelaska­n, situasi akan berbeda jika dirinya memasang ban hard saat lomba. Lama berduel dengan rider Suzuki Andrea Iannone membuat permukaan bannya mendapat tekanan lebih besar ketimbang para rivalnya di Yamaha dan Ducati.

Di Argentina akhir pekan ini, Marquez tak mau salah pilih lagi. Apalagi Argentina dikenal sebagai trek yang boros ban. ’’Kami akan berusaha mencari setting yang pas untuk mereduksi isu (ban) ini dan setting motor secara umum,’’ terangnya. Dia berharap bisa bertarung untuk merebut podium di hadapan fans fanatik Honda di Argentina. (cak/c5/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia