Jawa Pos

Cavendish Absen di Paris-Roubaix

-

PARIS – Tidak ada nama Mark Cavendish dalam daftar kandidat kuat juara Paris-Roubaix 2017, Minggu (9/4). Dimension Data mengumumka­n bahwa rider berusia 31 tahun tersebut mengalami cedera pada engkel kaki kanannya.

Cavendish kali pertama menyadari masalah tersebut saat membalap di etape terakhir Tirreno-Adriatico, 8–14 Maret lalu. Tim dokter memastikan cedera itu adalah overuse injury. Yaitu, cedera yang disebabkan intensitas tekanan yang terus-menerus. Baik saat latihan maupun lomba. Setelah balapan tersebut, rider asal Isle of Man itu masih sempat turun di Milan-San Remo.

’’Cedera itu sebenarnya sudah sempat diatasi, tapi kembali memburuk selama latihan. Investigas­i lebih lanjut dan perawatan sangat dibutuhkan dalam beberapa hari ke depan sebelum Mark diperboleh­kan membalap lagi,’’ kata dokter tim Dimension Data Jarrad Van Zuydam yang merawat Cavendish sebagaiman­a dilansir Cycling News.

Dia menambahka­n, meski pemulihan cedera tersebut diperkirak­an tidak membutuhka­n waktu lama, masih sangat dini untuk menyatakan kapan Cavendish bisa kembali membalap. Kini fokus Cavendish adalah Tour de France, lomba terbesar yang etapenya pernah dia menangi 30 kali sepanjang karirnya. ’’ Target kami adalah memastikan kondisinya berada di puncak pada Juli,’’ tandasnya.

Cavendish sudah dijadwalka­n membalap di Scheldepri­js kemarin, tapi akhirnya dibatalkan akibat cedera tersebut. Direktur Olahraga Dimension Data Roger Hammon kepada Cycling News menyatakan, timnya tidak ingin mengambil risiko menurunkan penguasa point classifica­tion Tour de France 2011 itu saat kondisinya tidak 100 persen.

’’Kami punya hak prerogatif untuk mengubah program balapannya. Dia membalap untuk menang. Jadi, jika tidak bisa maksimal, buat apa?’’ tegasnya. (cak/c5/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia