Jawa Pos

Sejuta Nahdliyin Diprediksi Ikuti Istighotsa­h Kubro

-

SURABAYA – PW NU Jatim punya gawe akbar. Ormas Islam terbesar di Indonesia itu bakal mengadakan istighotsa­h kubro di kompleks Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada Minggu (9/4)

Istighotsa­h kubro tersebut tergolong spesial. Sebab, event yang diinisiato­ri para kiai sepuh Nahdlatul Ulama itu kali terakhir digelar 21 tahun silam, tepatnya pada 21 Desember 1996.

Dalam kegiatan akbar yang rencananya dimulai pukul 05.30 tersebut, warga nahdliyin dari berbagai penjuru bakal tumplek bleg di Sidoarjo. Targetnya, ada sejuta nahdliyin yang datang. Pengunjung diprediksi membanjiri jalanan di sekitar Stadion Gelora Delta. Sebab, kapasitas stadion hanya 100 ribu orang. ”Kepada masyarakat, terutama di Sidoarjo, kami mohon izin untuk pinjam tempat selama sehari. Ini demi kepentinga­n bangsa,” kata Sekretaris PW NU Jatim Prof Ahmad Muzakki saat berkunjung ke kantor redaksi Jawa Pos kemarin (5/4).

Muzakki didampingi KH Ahsanul Haq, ketua panitia istighotsa­h kubro. Ada pula panitia dan pengurus PW NU Jatim. Mereka diterima awak redaksi yang dipimpin langsung oleh Pemred Jawa Pos Nurwahid.

Muzakki mengatakan, situasi kebangsaan saat ini membuat para kiai sepuh merasa prihatin. Karena itu, para ulama khos NU tersebut mengadakan sebuah pertemuan di Kediri pada 27 Februari lalu. ”Dari situlah, beliau-beliau (ulama sepuh, Red) meminta dilaksanak­an istighotsa­h kubro,” katanya.

Selain istighotsa­h, bakal dilangsung­kan doa bersama yang dipimpin sembilan kiai sepuh. Mereka adalah KH Anwar Mansur, KH Miftachul Akhyar, KH Nawawi Abdul Jalil, KH Tamim Romli, KH Kholil Asad, dan KH Aza’im. Lalu, KH Anwar Iskandar, KH Zainudin Jazuli, serta KH Nurul Huda Jazuli.

Muzakki menegaskan, istighotsa­h kubro itu murni kegiatan keagamaan, tak ada unsur politik apa pun di dalamnya. Karena itu, para kiai sepuh dan panitia sepakat tidak memberikan ruang khusus bagi tokoh politik. Namun, ada beberapa pejabat negara maupun tokoh politik yang ingin hadir. ”Kami sedang mengoordin­asikan ulang soal kehadiran para pejabat negara. Ini dilakukan demi menjaga agar tidak ada nuansa politik apa pun dalam istighotsa­h kubro,” tegasnya.

Rencananya, sejumlah pejabat negara hadir. Antara lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. ”Sekali lagi, ini event keagamaan. Mari kita tundukkan kepala dan menengadah­kan tangan untuk berdoa agar bangsa ini kembali pada trek yang sesuai,” katanya.

Istighotsa­h kubro juga akan diisi pembacaan amanat oleh Rais Am PB NU KH Makruf Amin serta maklumat para kiai sepuh. ”Insya Allah, ada enam poin maklumat menyikapi kondisi bangsa yang akan disampaika­n,” jelasnya.

Sementara itu, dari segi persiapan, panitia memastikan progresnya sudah mencapai 95 persen. Berbagai persiapan terus dilakukan untuk mengantisi­pasi potensi kepadatan. ”Seperti parkir, kami sudah siapkan di tiga sektor di sekitar GOR,” kata KH Ahsanul Haq. Yang juga menjadi atensi panitia adalah kebersihan area istighotsa­h kubro. (ris/c7/oni)

 ?? ARYA DHITYA//JAWA POS ??
ARYA DHITYA//JAWA POS
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ??
DITE SURENDRA/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia