Jawa Pos

Pengarsipa­n Lebih Teratur dan Terukur

Penataan Ruang Kepanitera­an Niaga PN Surabaya

-

SURABAYA – Hasil pembenahan di lingkungan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya kini terlihat. Misalnya, di ruang kepanitera­an niaga. Ruangan yang terletak di lantai 2 itu sekarang tampak lebih rapi.

Ketua PN Surabaya Sujatmiko menjelaska­n, ruang kepanitera­an niaga itu ditata sejak Maret 2016. Saat itu kondisi ruang kepanitera­an niaga sangat sempit. Arsip yang disimpan pun semrawut. ” Jadi sangat tidak representa­tif,” ujarnya.

Pria asal Jogjakarta itu masih ingat saat kali pertama menduduki jabatan ketua PN pada pertengaha­n tahun lalu. Kala itu banyak komplain tentang pengadilan niaga, baik dari pihak yang beperkara maupun kurator. Ter- utama mengenai administra­si dan pengarsipa­n. ”Dulu banyak yang mengeluh terlalu berbelit,” ungkapnya.

Lalu, Sujatmiko mendorong perbaikan dan penataan. Berkas perkara dan budel pailit dirapikan dalam folder yang dimodifika­si sendiri. Pengendali­an berkasnya pun menjadi teratur dan terukur. ”Untuk efisiensi tempat, kami harus memodifika­si folder,” terangnya.

Folder-folder tersebut tersimpan rapi dalam rak fleksibel di ruang panitera muda niaga Rendra Ariyanta Putra. Menariknya, di ruang tersebut, tertempel foto perubahan ruang panitera dan arsip selama setahun terakhir. Jika melihat foto itu, akan terlihat perubahan yang sangat drastis. ”Memang, setahun terakhir kami ngebut terus,” bebernya.

Register juga dilengkapi. Register yang selama ini belum terisi sekarang lengkap. Penataan pendaftara­nnya berada dalam satu pintu. Desainnya pun gres. Lebih nyaman untuk dilihat dan dimanfaatk­an.

Sujatmiko mengakui, pelayanan yang disediakan memang belum sempurna. Namun, pihaknya sudah melakukan upaya yang mengarah pada perbaikan. Berdasar survei Bank Dunia, saat ini sistem peradilan memperoleh rapor merah dalam memberikan kepastian hukum untuk investasi. ”Kami berharap pelayanan yang kami berikan semakin efisien dan transparan,” harapnya.

Dengan begitu, masyarakat akan terlayani dengan baik. Kepercayaa­n publik bakal terjaga dengan baik. Ke depan, pihaknya terus mengutamak­an transparan­si dan memanfaatk­an IT. ”Harus semakin baik agar semakin dipercaya,” tandasnya. (aji/c16/fal)

 ?? AJI/JAWA POS ?? RAPI: Dokumentas­i perubahan ruang kepanitera­an niaga di PN Surabaya.
AJI/JAWA POS RAPI: Dokumentas­i perubahan ruang kepanitera­an niaga di PN Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia