Jawa Pos

Ruang Pengenalan Pemilih Pemula

-

SIDOARJO – Minimnya partisipas­i warga dalam mengikuti pemilihan umum (pemilu) menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah pusat yang harus diselesaik­an. Salah satu upaya menumbuhka­n kepedulian masyarakat pada pesta demokrasi adalah pengenalan politik sejak dini lewat Rumah Pintar Pemilu (RPP) di setiap kota/kabupaten.

Kemarin (5/4) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sidoarjo membuka RPP. Kegiatan itu dihadiri sejumlah pejabat seperti Sekre taris Daerah ( Sekda) Sidoarjo Djoko Sartono, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, serta Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Sekitar pukul 09.00, prosesi pembukaan RPP Pendapa Delta itu dimulai. Acara tersebut ditandai pemotongan pita sebagai bentuk peresmian ruangan. Setelah itu, Ketua KPUD Sidoarjo Muhammad Zainal Abidin mengajak rombongan berkelilin­g dan melihat koleksi RPP.

RPP Pendapa Delta merupakan bekas ruang media center. Setelah berkelilin­g, Zainal menyatakan bahwa RPP itu merupakan program KPU pusat. Setiap KPUD di kota dan kabupaten harus menyediaka­nnya. Tujuannya mengenalka­n politik kepada warga Sidoarjo.

Tidak hanya itu. Pendirian RPP tersebut juga berfungsi untuk meningkatk­an partisipas­i warga dalam pemilu. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir ini, jumlah pemilih menurun. Terutama pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) 2015. ”Harapannya bisa meningkatk­an pemilih pemula,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat wakil ketua PC NU Sidoarjo itu menyatakan bahwa ke depan, KPU bekerja sama dengan sejumlah sekolah. Lembaga pendidikan yang membutuhka­n penjelasan terkait pemilu bisa langsung menggunaka­n RPP. ” Kami sediakan guide-nya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito menjelaska­n, RPP di Jatim mulai bermuncula­n. Total ada 12 kota/kabupaten yang sudah mendirikan RPP. ”Kami terus tingkatkan. Semua harus punya RPP,” ucapnya.

Menurut Eko, RPP merupakan solusi untuk meningkatk­an pemilih pemula. Sebab, di ruangan itu mereka akan dikenalkan pada hal-hal yang berkaitan dengan pemilu. (aph/c6/dio)

 ??  ?? BOY SLAMET/JAWA POS EDUKASI DAN SOSIALISAS­I: Zaenal Abidin (dua dari kiri) menunjukka­n maket tentang alur pemilu kepada undangan di Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS EDUKASI DAN SOSIALISAS­I: Zaenal Abidin (dua dari kiri) menunjukka­n maket tentang alur pemilu kepada undangan di Rumah Pintar Pemilu di kantor KPU Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia