Jawa Pos

Renovasi 108 Ribu Rumah Tak Layak Huni

-

GRESIK – Mulut Jasmini tak berhenti mengucapka­n syukur. Buruh tani 50 tahun itu tidak menyangka rumahnya di Desa Mojowuku, Kecamatan Kedaeman, akan direnovasi. Istimewany­a, peletakan batu pertama program renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. ”Seneng nggak bu rumahnya diperbaiki,” tanya Soekarwo.

Pasangan suami istri, Jawaer dan Jasmini, itu pun mengembang­kan senyum mereka. Raut muka mereka berseri-seri. ”Matur suwun pak,” ucap Jasmini. Ibu satu anak tersebut tidak pernah bermimpi rumah berukuran 4 X 6 meter yang berdinding anyaman bambu serta berlantai tanah liat yang dihuni puluhan tahun itu akan direnovasi.

Program RTLH yang digagas Pemprov Jatim tersebut memasuki tahap ke-13. Tahun ini Pemprov Jatim berencana merenovasi 8.725 unit se-Jatim. Gresik mendapatka­n kuota 704 unit. Untuk renovasi, Pemprov Jatim mengganden­g Kodam V Brawijaya.

Pakde Karwo –sapaan Soekarwo– menyatakan, terdapat lebih dari 235 ribu unit yang termasuk RTLH. ” Yang sudah diselesaik­an Pemprov Jatim lebih dari 108 ribu mulai 2009,” ujarnya. Sementara itu, pemerintah pusat dan kabupaten/kota sudah merenovasi 94 ribu rumah.

Pangdam V Brawijaya menambahka­n, program renovasi 8.725 rumah akan diselesaik­an sebelum Lebaran. ”Seluruh personel kodim di Jatim bekerja,” tuturnya. Program RTLH, lanjut dia, memasuki tahap ke-13 mulai 2009. ”Selama 13 tahap tersebut, sudah lebih dari 108 ribu unit yang sudah direnovasi anggota TNI,” tegasnya. (yad/c24/ai)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? BANTU WARGA MISKIN: Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana bersalaman dengan Jasmini.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS BANTU WARGA MISKIN: Pangdam V/ Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana bersalaman dengan Jasmini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia