Jawa Pos

Kemendagri Janjikan Blangko 17 April

-

GRESIK – Kekosongan blangko KTP elektronik atau e-KTP masih melanda kabupaten/kota, termasuk Gresik. Stok blangko yang habis sejak Desember 2016 itu kini memperoleh titik terang. Kabar tersebut berembus seiring dengan tuntasnya pencetakan 4,5 juta blangko oleh Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). Kabarnya, Kabupaten Gresik pun sudah mendapat jatah.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil Dispendukc­apil Gresik Hermanto Sianturi menyampaik­an bahwa penyaluran blangko e-KTP dijanjikan pada 17 April. Jumlahnya mencapai 10 ribu lembar. Sebagian daerah hanya mendapat 5 ribu lembar. ’’Karena disampaika­n secara lisan, saya anggap itu masih rumor,” ujarnya kemarin (5/4).

Dia mengaku belum bisa memastikan kebenaran informasi tersebut. Sebab, kabar yang sangat dinantikan tersebut hanya disampaika­n melalui grup WhatsApp dispendukc­apil di Jatim. ”Seharusnya informasi penting itu disampaika­n secara resmi melalui surat edaran ke kabupaten/kota,” lanjutnya.

Meski begitu, dia berharap informasi tersebut benar. Sebab, instansi urusan kependuduk­an itu sangat membutuhka­n blangko. Apalagi, kekosongan blangko e-KTP terjadi sejak Desember 2016. Akibatnya, kebutuhan cetak terus menumpuk.

Untuk menyiasati kelangkaan blangko, pihaknya mencetak surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP. Sejauh ini, dispendukc­apil mencetak 49.487 lembar suket. Dokumen tersebut hanya berlaku enam bulan. ’’Setelah itu, bisa kembali diperpanja­ng,” ucapnya.

Dia mengungkap­kan, jumlah kebutuhan e-KTP yang berstatus print ready record alias siap cetak mencapai 42.305 lembar. Itu belum termasuk tunggakan data perekaman 50.126 lembar. Dengan demikian, total kebutuhan cetak e-KTP sampai saat ini mencapai 92.431 lembar. ’’Nah, jika ada 10 ribu blangko yang datang, sehari langsung habis,” kata mantan kepala Bappeda Gresik itu.

Hingga kini, Dispendukc­apil Gresik tetap melayani perekaman data. Jumlah warga yang belum melakukan perekaman terus berkurang. Di antara total 982.759 warga wajib e- KTP, 885.361 orang telah melakukan perekaman. Artinya, warga yang belum rekam tinggal 9 persen. ( mar/ c16/ ai)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? ANTRE: Suasana perekaman data di dispendukc­apil.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS ANTRE: Suasana perekaman data di dispendukc­apil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia