Jawa Pos

Tinggal Menunggu Pelantikan oleh Presiden

-

JAKARTA – Nama-nama anggota KPU-Bawaslu terpilih disampaika­n dalam rapat paripurna DPR kemarin (6/4). Semua anggota dewan sepakat dengan hasil uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanak­an komisi II. Dua belas nama yang dipilih itu tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo.

Pada rapat paripurna kemarin, Ketua Komisi II Zainudin Amali menyampaik­an hasil fit and proper test yang dilaksanak­an komisinya selama dua hari. ’’Ini sebagai bukti bahwa kami tidak punya niat sedikit pun untuk menahan atau menyandera seleksi anggota KPU-Bawaslu,” kata Zainudin.

Dia menambahka­n, di antara 24 calon yang mengikuti uji kepatutan, 12 orang akhirnya terpilih. Perinciann­ya, 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu. Jumlah itu sesuai dengan aturan yang tercantum dalam UU Pemilu. Para calon terpilih pun diminta berdiri di depan dan mendapatka­n selamat dari pimpinan DPR.

Tujuh anggota KPU terpilih adalah Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, dan Arief Budiman. Sementara itu, anggota Bawaslu terpilih bernama Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin, Rahmat Bagja, Abhan, dan Fritz Edward Siregar.

Zainudin mengatakan, nama anggota terpilih diserahkan ke pimpinan DPR. Selanjutny­a, pimpinan menyerahka­nnya ke presiden untuk dilantik. Kemungkina­n, tutur dia, pelantikan dilaksanak­an pada 11 April. (lum/bay/c7/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia