Jawa Pos

Dua WN Malaysia Menghilang di Jakarta

Sudah Sepekan, Kedutaan Besar Belum Temukan Petunjuk

- Martinus Sitompul

JAKARTA – Kamarol Arifin Mohamad Darus dan Mohd. Shafa Ahmad seharusnya sudah berada di Malaysia kemarin (6/4). Mereka datang di Indonesia pada 30 Maret lalu untuk menonton konser di Jakarta. Namun, informasi yang diberikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menyatakan, keberadaan dua pria tersebut belum diketahui sampai kemarin.

Dalam keterangan resminya kemarin, Duta Besar Malaysia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim mengatakan telah menerima pengaduan mengenai hilangnya Kamarol dan Shafa. ”Mereka datang ke Indonesia bersama enam teman. Namun dengan pesawat yang berbeda,” jelas Zahrain.

Zahrain menuturkan bahwa pihaknya sedang berusaha mencari mereka melalui semua jalur resmi. Pihaknya juga sudah berkoordin­asi dengan otoritas Indonesia dan Malaysia untuk mengetahui keberadaan dua orang tersebut. ”Saat ini keluarga dua orang tersebut juga terus berkomunik­asi dengan Kementeria­n Luar Negeri,” terangnya.

Seperti dilansir The Star, ke- luarga dua WN Malaysia itu mendesak otoritas Malaysia dan Indonesia untuk segera menemukan anggota keluarga masingmasi­ng. Kamarol dan Shafa dilaporkan terlihat saat boarding menuju pesawat AirAsia di Kuala Lumpur Internatio­nal Airport ( KLIA) 2 sekitar pukul 14.00 pada 30 Maret lalu. Namun, setelah itu, mereka tidak pernah terlihat lagi. Mereka pun tidak bisa dihubungi.

Hamidah Kordi, 65, ibu Kamarol, mengatakan bahwa putranya itu tidak pernah pergi tanpa kabar. Kamarol selalu memberi tahu sedang berada di mana. Tiadanya kabar dari Kamarol membuat Hamidah cemas. Dia khawatir terjadi sesuatu kepada anaknya.

”Anak saya dan temannya dijadwalka­n kembali dari Jakarta pada Minggu malam. Tetapi, mereka tidak pernah kembali. Saya khawatir. Bisa saja terjadi masalah. Karena selama ini hal seperti ini tidak pernah terjadi,” ungkapnya.

Menurut Hamidah, sebelum bertolak ke Jakarta untuk menonton konser, Kamarol dan temannya begitu bersemanga­t serta tidak sabar untuk menginjakk­an kaki di Indonesia. Ini kali pertama mereka melancong ke Indonesia.

Kakak perempuan Shafa, Darwina Ahmad, 32, mengatakan bahwa keluarga sudah membuat laporan di kepolisian atas hilangnya Kamarol dan Shafa. Mereka juga sudah melapor kepada Wisma Putra (Kementeria­n Luar Negeri Malaysia) dan pihak imigrasi Senin (3/4), setelah keduanya tidak jua kembali.

”Laporannya sudah dibuat. Jika keberadaan mereka belum bisa diketahui, kami berencana pergi ke Jakarta untuk mencari mereka sendiri,” katanya.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombespol Martinus Sitompul mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan mengenai hilangnya dua WN Malaysia tersebut. Martinus pun sudah sempat mengonfirm­asi hal tersebut ke Polda Metro Jaya. ”Tadi sudah ada yang tanya juga ke Polda Metro Jaya. Tapi, setelah dicek ke SPKT, tidak ada laporan terkait itu,” katanya. (and/c11/ang)

 ?? DOK. JAWA POS ??
DOK. JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia