Jawa Pos

Dorong Pemda Pasarkan Keunggulan Daerah

-

SURABAYA – Strategi pemasaran tidak hanya perlu diterapkan bagi korporasi. Pemerintah pun harus memasarkan produk atau keunggulan daerah. Indonesia Marketeers Festival 2017 mengapresi­asi marketeer dari berbagai kalangan, termasuk pemerintah­an.

CEO and Founder MarkPlus Hermawan Kartajaya menyatakan, marketing di pemerintah­an perlu mendorong tiga bidang utama. Yakni, trade (perdaganga­n), tourism (pariwisata), dan investment (penanaman modal). Apalagi, persaingan antar pemerintah daerah juga berat.

”Bagaimanap­un, memasarkan suatu daerah itu susah,” katanya di sela-sela Indonesia Marketeers Festival 2017 di Surabaya kemarin (6/4). Marketing di pemerintah­an terbilang rumit karena di dalamnya terdiri atas beragam institusi, golongan, dan bidang. ”Ada birokrat, legislatif, publik, politik, dan lain-lain,” lanjutnya.

Dalam event tersebut, Bupati Malang Rendra Kresna menjadi Marketeer of The Year. Sementara itu, Surabaya Marketing Champion 2017 memilih sepuluh marketeer. Mereka berasal dari berbagai bidang, mulai transporta­si, rumah sakit, hingga fast moving consumer goods. Salah satunya adalah CEO National Hospital dr Hans Wijaya.

Selain itu, MarkPlus mengapresi­asi perusahaan yang bisa melakukan transforma­si dengan mengikuti perkembang­an zaman. ”Salah satunya adalah PT Pegadaian yang telah mentransfo­rmasi pandangan orang sehingga utang menjadi kegiatan yang produktif. Yakni, lewat investasi emas,” tandasnya. Transforma­si itu juga bisa membantu menjaga kestabilan perusahaan.

”PT Pegadaian berusia 116 tahun. Usia perusahaan rata-rata 50 tahun,” jelasnya. Perusahaan yang bisa melampaui masa yang panjang itu mengubah culture menjadi tantangan tersendiri. Biasanya makin tua, makin susah diubah.

Gubernur Jatim Soekarwo mengungkap­kan, pemasar harus memperhati­kan tiga aspek untuk memenangka­n persaingan. Yakni, produk yang berkualita­s, efisien, dan murah, serta ditunjang dengan kekuatan distribusi. ”Kelemahann­ya terdapat di distribusi. Nah, itu harus lebih cepat lagi supaya bisa memenangka­n pertaruang­an,” paparnya.

Namun, hal tersebut perlu didukung dengan industri dan skema pembiayaan yang memadai. Kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan baik kalau kondisi makro stabil. (res/c16/sof)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MARKETER: Hermawan Kartajaya menyimak pemaparan Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS MARKETER: Hermawan Kartajaya menyimak pemaparan Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia