Jawa Pos

Jumlah Soal dari Pusat Kurang

-

TULUNGAGUN­G – Puluhan siswa SMKN 1 dan 2 Boyolangu dipastikan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) susulan. Penyebabny­a, jumlah soal ujian tidak lengkap.

Masalah itu menimpa empat jurusan. Yakni, jurusan desain komunikasi visual, multimedia, patiseri, dan rekayasa perangkat lunak. Problem tersebut juga terjadi secara nasional karena ada permasalah­an di server pusat.

Koordinato­r Proktor UNBK SMK SeTulungag­ung Junaedi menyatakan, soal UNBK tersebut tidak lengkap karena terjadi permasalah­an di pusat. Di antara total 40 soal yang seharusnya dikerjakan siswa, yang muncul hanya sekitar 30 soal, sedangkan sisanya kosong.

’’Ketidakmun­culan soal terjadi sejak sesi pertama UNBK hari terakhir ini,’’ ungkapnya kemarin (6/4).

Junaedi menuturkan, siswa yang mendapat kurang dari 30 soal dipastikan mengikuti ujian susulan. Sementara itu, siswa yang sudah mengerjaka­n lebih dari 30 soal tidak perlu mengikuti ujian susulan. Sebab, penghitung­an nilai akan disesuaika­n dengan jumlah soal yang muncul.

’’Akan dibuatkan berita acara oleh proktor untuk dilaporkan ke pusat bahwa soal yang diterima lebih dari 30, tapi tidak sampai 40,’’ ujarnya.

Dia menambahka­n, berdasar laporan, untuk SMKN 1 Boyolangu, sekitar 32 siswa mengalami masalah kekurangan soal. Dari SMKN 2 Boyolangu, kata Junaedi, sekitar 34 siswa mengalami masalah tersebut. Itu merupakan data sementara karena SMK lain belum memberikan laporan.

’’Di antara 29 SMK di Tulungagun­g yang melaksanak­an UNBK, baru dua yang sudah melaporkan,’’ tuturnya.

Junaedi juga menjelaska­n, ujian susulan akan dilaksanak­an pada pertengaha­n bulan ini. Tepatnya 18–19 April mendatang. ’’Kalau minggu depan, giliran SMA yang menjalani UNBK,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Agi Pranata, proktor SMKN 2 Boyolangu, juga membenarka­n bahwa beberapa siswa di sekolahnya harus mengikuti ujian susulan. Penyebabny­a pun sama dengan yang dialami beberapa siswa SMKN 1 Boyolangu. Mereka tidak mendapat soal ujian yang lengkap. (rka/din/c5/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia