Jawa Pos

PT Murakabi Tak Berkantor di Alamat yang Terdaftar

-

Namun, pria yang akrab dipanggil Setnov itu menyatakan tidak tahu bahwa Irvan adalah direktur PT Murakabi Sejahtera.

Pernyataan Setnov terkesan janggal. Dalam daftar riwayat hidup bakal calon anggota DPR yang ditandatan­gani oleh Irvanto pada 17 April 2013, jelas tertulis PT Murakabi Sejahtera dalam catatan riwayat karirnya. Dia juga mencalonka­n diri dari bendera yang sama dengan Setnov. Yakni, Partai Golkar. Kala itu pria kelahiran Pasuruan 19 September 1977 tersebut mencalonka­n diri sebagai wakil rakyat dari dapil III Jawa Tengah.

Berdasar informasi yang diterima Jawa Pos, PT Murakabi Sejahtera punya dua alamat. Yakni, Jalan Panglima Polim V No 29 dan Menara Imperium Lantai 27/A di Jalan HR Rasuna Said. Alamat pertama terletak tidak jauh dari alamat kantor PT Cahaya Wijaya Kusuma di kompleks Graha Mas Fatmawati di Jalan R.S. Fatmawati. Kantor berbentuk ruko itu diduga menjadi salah satu tempat Andi Narogong mengatur strategi korupsi e-KTP.

Namun, saat Jawa Pos menyambang­i alamat pertama kantor PT Murakabi Sejahtera, tidak ada yang tahu soal perusahaan tersebut. Kantor berbentuk rumah di kompleks perumahan itu kini menjadi kantor perusahaan ekspedisi. Tidak kurang tiga tahun belakangan perusahaan ekspedisi tersebut berkantor di sana.

Sementara itu, ketika Jawa Pos menyambang­i alamat kedua PT Murakabi Sejahtera, yang ada justru kantor perusahaan lain. Yakni, PB Taxand. ”Sudah puluhan tahun di sini,” kata salah seorang pegawai yang bekerja di Menara Imperium. Dia bahkan tidak pernah tahu soal keberadaan PT Murakabi Sejahtera yang beralamat di gedung tersebut.

Pernyataan serupa disampaika­n petugas pengelola gedung ketika Jawa Pos menanyakan kantor PT Murakabi Sejahtera di lantai 27/A Menara Imperium. ”Itu kantor PB Taxand,” ucap petugas tersebut. ” Nggak ada PT Murakabi Sejahtera,” tambahnya.

Padahal, dalam data di situs Direktorat Jenderal Administra­si Hukum Umum Kementeria­n Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen AHU Kemenkum HAM), alamat itu adalah alamat kantor PT Murakabi Sejahtera. Sampai berita ini ditulis, data tersebut masih dapat diakses.

Jawa Pos juga menelusuri jejak Irvanto ke rumahnya. Menurut catatan profil calon anggota legislatif tahun 2013, pria lulusan STMIK Jakarta tersebut tinggal di Jalan Kelapa Hijau Nomor 40, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dicari, ternyata alamat tersebut merupakan alamat kompleks perumahan kecil bernama Kelapa Hijau Residence. ”Pak Irvanto memang tinggal di sini. Rumahnya ada di 40A. Tapi, sekarang dia sedang tidak di rumah,” ujar Marto, 52, satpam kompleks.

Di antara sembilan rumah yang ada di dalam kompleks tersebut, rumah Irvanto memang paling mencolok. Bangunan dua lantai yang cukup tinggi terlihat dari gerbang kompleks. Namun, memang tidak ada lampu yang terlihat menyala di rumah tersebut. Hanya lampu teras kecil yang terlihat menyala. Sayang, Jawa Pos tidak diperboleh­kan masuk karena saat itu semua penghuni rumah tidak di tempat.

Marto mengaku tak begitu kenal dengan Irvanto dan keluarga. Sebab, Irvanto termasuk penghuni yang baru saja pindah beberapa tahun yang lalu di kompleks yang telah dibuka pada 2007 tersebut. Yang dia tahu, justru Irvanto sering bepergian dengan taksi online. Mobil Innova milik keluarga lebih sering dipakai istrinya, Marina Erly. ”Kalau berangkatn­ya dia nggak tentu. Kadang siang, kadang sore. Tapi, pulangnya biasanya malam-malam sekitar jam 12 atau jam 1 pagi.” (bil/bay/syn/c10/ang)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia