Jawa Pos

Hari Terakhir UNBK Kacau

Soal Tak Muncul, Diduga Software Tak Mendukung

-

JAKARTA – Pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk SMK pada hari terakhir tidak berjalan mulus. Di sejumlah daerah, peserta ujian mengeluhka­n soal yang tiba-tiba hilang. Tak pelak, bakal banyak siswa yang mengulang di ujian susulan nanti.

Hari keempat UNBK untuk SMK kemarin (6/4) diisi mata ujian teori keterampil­an sesuai jurusan masing-masing. Kebanyakan laporan hilangnya soal ujian secara mendadak itu terkait dengan kategori atau jenis keterampil­an audio dan video. Kasus soal hilang atau tidak muncul marak di Surabaya. Begitu juga di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbu­d Nizam mengatakan sudah menerima laporan tentang masalah UNBK pada hari keempat itu. Tidak kurang dari 200 siswa di Surabaya bakal mengulang di ujian susulan pada 19 April. ”Itu angka sementara. Saya masih menunggu update,” jelasnya kemarin.

Nizam menuturkan, sampai tadi malam tim teknis UNBK Kemendikbu­d masih mencari penyebab hilangnya lebih dari sepuluh soal ujian itu. Dugaan sementara, peranti komputer di sekolah kurang canggih. Sebab, jika masalah ada di server panitia pusat, tentu seluruh peserta ujian di Indonesia mengalami kejadian yang sama.

Dugaan yang muncul, peranti komputer peserta ujian tidak mendukung program pemutaran video atau animasi standar panitia pusat. Misalnya, soal ujian meminta aplikasi Flash terbaru, tapi di perangkat komputer masih program lama.

Nizam mengaku tidak terlibat dalam pembuatan soal ujian. Wewenang pembuatan soal itu diberikan kepada tim khusus. Dia berharap soal ujian yang berupa video animasi atau suara dibuat dengan standar minimal atau menengah. Dengan begitu, soal dimungkink­an bisa support untuk diputar di perangkat komputer UNBK. ”Kasihan komputer yang masih pas-pasan hardware maupun software- nya,” kata guru besar UGM itu.

Saat ujian susulan nanti, siswa hanya mengerjaka­n soal ujian yang belum sempat dikerjakan. Menurut dia, penyiapan UNBK SMK untuk mata pelajaran sesuai bidang keahlian memang penuh tantangan. Sebab, saat ini ada 170 jenis bidang keahlian di SMK.

Setiap jenis bidang keahlian itu tentu memiliki bentuk ujian yang khas. Misalnya, untuk SMK bidang multimedia, tentu ada soal yang berwujud animasi, video, atau audio. Setelah UNBK untuk SMK rampung, lanjut dia, komputer sudah bisa dipersiapk­an untuk UNBK SMA. Sesuai jadwal Kemendikbu­d, UNBK maupun unas berbasis kertas untuk SMA dimulai Senin, 10 April. Dengan jadwal itu, perangkat komputer UNBK di SMK bisa dimanfaatk­an oleh SMA.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Erika Budiarti Laconi membenarka­n, ada soal ujian yang tidak muncul pada hari terakhir kemarin. Dia menerima laporan dari Tomohon dan Bandung. ”Di Bandung tidak seberapa besar dibandingk­an dengan Tomohon. Ada sepuluh soal yang tidak muncul,” katanya. wan/c11/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia