Jawa Pos

SANG FILSUF BERHENTI BERMIMPI

-

LONDON – Pep Guardiola per pernah berada dalam titik teren rendah di Premier League. Tepat patnya saat Manchester City kal kalah empat gol tanpa balas di kan kandang Everton (15/1). Tidak hanyaha membuat Pep menelan ke kekalahan liga terbesar sep panjang karirnya sebagai pel latih. Hasil negatif itu juga membuat City tertinggal 10 angka dari pemuncak klasemen Chelsea. ’’Saya belum mau m menyerah. Meski situ tuasinya lebih sulit, s saya belum merasa harus mengkhawat­irkan nya ( kehilangan pe lu ang juara Premier League),’’ kata Pep merenda mimpi se te lah laga di Goodison Park tersebut.

Namun, mimpi Sang Filsuf berakhir kemarin (6/4). Kekalahan 1-2 City oleh Chelsea di Stamford Bridge membuat gap melebar menjadi 14 poin (5872). Liga pun tinggal menyisakan delapan laga. ’’Hari ini (kemarin, Red) Premier League sudah pergi dari kami. Persaingan kini hanya antara Chelsea dan Tottenham (Tottenham tertinggal tujuh poin dari Chelsea),’’ jelas Pep sebagaiman­a dilansir Sky Sports.

Eden Hazard menjadi penghan cur mimpi pelatih yang memenangka­n 21 gelar bersama Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut. Hazard mencetak dua gol pada menit ke10 dan 35. Gol balasan Sergio Aguero pada menit ke-26 pun tidak mampu menghindar­kan Pep dari noda hitam karir kepe la tih annya. Itulah kali pertama pelatih terbaik dunia 2013 ter sebut merasakan enam kekalahan dalam satu musim di liga.

Pasca melempar handuk terhadap gelar juara, Pep menyebut target realistis City kini adalah mengamanka­n tempat di Liga Champions. Masih ada Arsenal dan Manchester United (sama-sama 54 poin) yang siap menyalip di tikungan. City juga masih menghadapi United akhir bulan ini (28/4).

Dengan tren tidak pernah menang dalam empat laga terakhirny­a, The Citizens –sebutan City– juga tidak bisa menganggap remeh lawan seperti Southampto­n (15/4), apalagi Leicester City (13/5).

Di sisi lain, meski kalah oleh Chelsea kemarin, ada sedikit kebahagiaa­n yang dirasakan Pep. Yakni, melihat kap ten tim Vincent Kompany menjadi starter lagi setelah lima bulan absen. Gelandang Fabian Delph juga menjalani debut starter di era Pep. Keduanya dimainkan penuh (90 menit).

Meski terlibat saat ’’membiarkan’’ Hazard mencetak gol pertama, Kompany masih impresif dengan lima kali sapuan. Delph? Berduet dengan Fernandinh­o sebagai dalam skema 4-2-3-1, pemain 27 tahun itu menjadi dengan 103 ’’Selamat untuknya (Delph). Dia menunjukka­n kepada saya bahwa saya salah tidak memberinya kepercayaa­n bermain. Dia juga tidak pernah komplain,’’ kata Guardiola kepada Manchester Evening News.

Terpisah, sulitnya berburu ge lar Premier League membuat City melirik Piala FA sebagai kom pensasi. The Citi zens su dah menjejak se mifi nal dan akan menghadapi Ar senal di Wem bley pada 24 April. Slot se mi final lainnya mem per te mu kan Chelsea ver sus Tottenham sehari sebe lumnya di venue yang sama. ’’ Kami ingin me lang kah ke final Piala FA, se mo ga,’’ ucap Kompany di situs resmi klub. ( ren/ c19/ dns)

 ?? ALASTAIR GRANT/AP ?? double pivot top passer passing.
ALASTAIR GRANT/AP double pivot top passer passing.
 ?? KIRSTY WIGGLESWOR­TH/AP ??
KIRSTY WIGGLESWOR­TH/AP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia