Jawa Pos

Keluarga City sampai Amerika Latin

-

MANCHESTER City sudah mempunyai tiga sister club yang tersebar di tiga benua yang berbeda. Di benua Amerika, ada New York City FC. Lalu, di Asia ada Yokohama F. Marinos dan di Australia ada Melbourne City FC.

Nah, kini City melalui konsorsium­nya City Football Group (CFB) merambah klub di Amerika Selatan. Tidak tanggung-tanggung, dua klub dengan jersey utama biru jadi anggota keluarga yang baru dari klub berjuluk The Citizens itu. Masing-masing adalah Club Atletico Torque (kasta kedua Liga Uruguay) dan Atletico Venezuela yang bermain di Primera Division Venezuela.

Berbicara kepada situs resmi klub, CEO CFG Ferran Soriano menyebut langkah itu sebagai investasi di Amerika Latin. ”Itulah langkah pengembang­an sepak bola kami. Investasi di CA Torque memungkink­an organisasi kami untuk membangun koneksi di Uruguay dan membantu memperluas pilihan sekaligus mengidenti­fikasi serta mengembang­kan bakat lokal Uruguay dan Amerika Selatan,” paparnya.

Torque yang bermarkas di Montevideo saat ini tercecer di posisi ke-13 dari 15 klub kontestan Segunda Division Uruguay. Namun, memang bukan itu yang jadi fokus CFG. Dengan jadi bagian CFG, untuk tahun-tahun ke depan, klub yang baru berusia satu dekade tersebut bisa berkembang ke arah yang positif.

CFG di dalam kerja samanya juga tidak sekadar investasi dari infrastruk­tur. Pengembang­an dari sisi metode kepelatiha­n serta kepemimpin­an di tingkat eksekutif turut disasar.

Setelah diakuisisi CFG, Torque akan dipimpin pengusaha terkemuka Uruguay, Luis Bruno. Selain pengusaha, Bruno adalah pemilik klub kasta pertama di Liga Uruguay, Club Nacional de Football.

Di sisi lain, keputusan City merambah Amerika Latin, sepertinya, berkaca dari pengalaman saat memboyong Gabriel Jesus dari Palmeiras pada musim panas tahun lalu. Lho, apa hubunganny­a? Saat memboyong pemain berbandero­l GBP 27 juta (Rp 449,1 miliar) itu, City dipaksa berurusan dengan pihak ketiga. (ren/c16/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia