Jawa Pos

Real B Tak Mengecewak­an

Morata Hat-trick, Samai Ronaldo

-

MADRID – Real Madrid mengistira­hatkan tujuh pemain reguler starternya saat melawan Leganes kemarin (6/4). Hanya Keylor Navas, Sergio Ramos, Marcelo, dan Casemiro yang disisakan entrenador Real Zinedine Zidane dalam laga di Estadio Municipal de Butarque.

Meski mengandalk­an para pemain yang disebut mediamedia Spanyol sebagai Real B, Leganes tetap sulit membuat kejutan. Los Merengues, julukan Real, menang 4-2 dan mempertaha­nkan puncak klasemen dari Barcelona. Real unggul dua angka (71-69) serta memainkan satu laga lebih sedikit (29-30).

James Rodriguez membuka keran gol Real pada menit ke-15. Tiga gol sisanya dilahap Alvaro Morata (18’, 23’, dan 48’). Di sisi lain, Leganes sebenarnya sempat merepotkan setelah mencetak dua gol dalam rentang dua menit via Gabriel (32’) dan Luciano Neves (34’). ’’Saya sangat marah ketika pertahanan kami kehilangan konsentras­i sehingga kebobolan dua gol dalam waktu berdekatan,’’ kata Zidane kepada Real Madrid News. ’’ Tapi, itulah indahnya sepak bola. Segala sesuatu bisa terjadi,’’ sambungnya.

Real beruntung karena ketika lini pertahanan lengah, lini penyeranga­n mereka tetap tajam. Khususnya Morata yang mencetak trigol. Penyerang 24 tahun yang ’’disekolahk­an’’ selama dua musim ke Juventus itu kini menyejajar­kan diri dengan Cristiano Ronaldo. Yakni, pemain Los Merengues yang mampu mencetak hat- trick musim ini.

Bahkan, meski berstatus cadangan, Morata bisa membuat 16 gol musim ini. Hanya terpaut satu gol dengan Karim Benzema, tapi berselisih 10 gol dengan Ronaldo sebagai top scorer. Jika mengacu gol per menit, Morata yang punya minute play 1.425 mampu mencetak gol setiap 110 menit. Bandingkan dengan Benzema yang mencetak gol setiap 143 menit ( minute play 2.424).

Penampilan impresif, tapi tak dipercaya bermain reguler, itulah yang membuat Morata dikaitkan dengan rumor hengkang dari Santiago Bernabeu (kandang Real). Chelsea disebut siap meminang Morata.

Menanggapi rumor dirinya ke Chelsea, Morata memiliki jawaban sendiri. ’’Seandainya (Antonio) Conte (pelatih Chelsea, Red) menelepon saya, dia ha nya akan menghubung­i nomor seluler saya yang lama. Dia tidak akan punya nomor baru saya. Saya masih nyaman di sini (Real),’’ ucap penyerang yang naik ke tim utama Real pada 2010 atau di era kepelatiha­n Jose Mourinho itu. Morata yang nyaman di Real berbanding 180 derajat dengan James. Bintang timnas Kolombia itu malah emosional ketika ditarik ke luar pada menit ke-72. James yang kesal kemudian memukul tiang bench. Pemain yang musim ini mencetak enam gol tersebut juga melalui Zidane begitu saja.

Namun, Zidane dengan gaya yang santai dan serta ogah berkonfron­tasi dengan anak buahnya mengatakan bahwa dirinya memahami rasa marah James. Ketika ditanya apakah James telah merusak suasana ruang ganti Real, pelatih 44 tahun itu cuma tersenyum. ’’Saya memahami dengan sempurna soal kemarahan James. Namun, saya harus membuat keputusan untuk tim dan saya rasa (marah) itu wajar karena pemain yang tampil sejak menit pertama ini bermain selama 90 menit,’’ beber pelatih yang musim ini sudah memenangi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub tersebut.

Berbeda dengan Zidane yang memainkan Real B, entrenador Barca Luis Enrique tetap menurunkan skuad terbaik saat menang 3-0 atas Sevilla. Lionel Messi yang kembali bermain setelah bebas dari akumulasi kartu membuat dua gol dan Luis Suarez menambahka­n gol lainnya. ’’Saya tidak mau berisiko (rotasi) karena mempertimb­angkan lawan kami,’’ ujar Enrique sebagaiman­a dilansir di situs resmi klub. ( dra/c19/dns)

 ?? FRANCISCO SECO/AP ?? CADANGAN MONCER: Alvaro Morata merayakan gol bersama James Rodriguez di Estadio Municipal de Butarque kemarin (6/4). Real Madrid mengalahka­n tuan rumah Leganes 4-2.
FRANCISCO SECO/AP CADANGAN MONCER: Alvaro Morata merayakan gol bersama James Rodriguez di Estadio Municipal de Butarque kemarin (6/4). Real Madrid mengalahka­n tuan rumah Leganes 4-2.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia