Jawa Pos

Hanya Tiga Wakil di 8 Besar

Praveen/Debby Batal Bersua Owi/Butet

-

KUCHING – Malaysia Open Su perseries Premier ( SSP) menjadi salah satu kuburan pebulu tangkis Indonesia. Memasuki babak delapan besar hari ini, Pelatnas Cipayung hanya sanggup menempatka­n tiga wakilnya. Masing-masing satu wakil di tunggal putra, ganda campuran, dan ganda putra.

Tunggal putra akan diwakili Jonatan Christie. Lalu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir jadi satu-satunya delegasi di ganda campuran. Begitu pula Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di ganda putra.

Kemarin total ada sepuluh wakil Indonesia yang menjalani pertanding­an di Stadium Perpaduan, Kuching, Serawak, Malaysia. Bahkan, Owi/Butet menang cumacuma setelah ganda campuran Denmark Kim Astrup/Line Kjaerfeldt memilih walkover.

Jojo –sapaan karib Jonatan– mengalahka­n tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen, dalam rubber game, 21-23, 21-17 21-19.Meski menang, Jojo mengaku masih membutuhka­n perbaikan untuk menghadapi laga delapan besar hari ini. Sebab, lawan yang akan dia hadapi adalah Lin Dan, legenda hidup bulu tangkis dunia. ”Seperti fokus saat lagi unggul dan jaga pola mainnya agar nggak gampang berubah di poin-poin krusial,” sebut Jojo via pesan singkat kepada Jawa Pos kemarin.

Dari segi prestasi, Jojo dan Lin Dan bak bumi dan langit. Tapi, dari rekor pertemuan, Jojo kontra Lin Dan masih berimbang. Dari dua pertemuan, keduanya saling mengalahka­n. Tetapi, pertemuan terakhir menjadi milik Jojo kala mengalahka­n Lin Dan pada Indonesia Open tahun lalu di Jakarta.

Owi/Butet yang tidak melangsung­kan pertanding­an kemarin mendapat tugas baru. Keduanya mendamping­i Praveen Jordan/ Debby Susanto yang kemarin bertemu pasangan Korea Selatan, Choi Solgyu/Chae Yoojung. Sayangnya, Praveen/Debby gagal memenangi duel tersebut. Mereka kalah dalam duel seru yang berakhir rubber game, 1221, 21-14, 19-21.

Kekalahan juga dirasakan dua wakil Indonesia di ganda putri. Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi dan Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari harus tersingkir dari ketatnya persaingan Malaysia SSP. Anggia/Ketut ditekuk unggulan pertama, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi, 1721, 22-24. Lalu, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen mengubur mimpi Della/Rosyita dua game langsung 21-17, 21-13

Sementara itu, tunggal putra nonpelatna­s Tommy Sugiarto juga takluk oleh wakil Korsel, Son Wan-ho 21-15, 21-15. Demikian pula Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang takluk oleh Or Chin Chung/Tang Chun Man (Hongkong), 18-21, 21-16, 18-21.

Marcus/Kevin kemarin sukses mempecunda­ngi wakil Tiongkok Liu Cheng/Zhang Nan, 23-21, 21-16. Tetapi, hari ini mereka juga sudah dinanti pasangan Tiongkok lainnya, Li Junhui/Liu Yuchen. Sebelumnya, Marcus/ Kevin memenangi duel melawan Li/Liu kala tampil pada final All England bulan lalu. ”Tidak ada persiapan khusus bertemu Li/ Liu kali ini. Bagaimana nanti keadaan di lapangan saja,” ujar Kevin dalam surat elektronik PP PBSI kemarin. (nap/c6/ady)

 ?? PP PBSI ?? GAGAL LAMPIASKAN PENASARAN: Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto terhenti di 16 besar Malaysia Open Superserie­s Premier kemarin.
PP PBSI GAGAL LAMPIASKAN PENASARAN: Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Debby Susanto terhenti di 16 besar Malaysia Open Superserie­s Premier kemarin.
 ?? PP PBSI ?? ISI WAKTU: Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir yang tak bertanding berperan sebagai ofisial bagi Praveen/ Debby.
PP PBSI ISI WAKTU: Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir yang tak bertanding berperan sebagai ofisial bagi Praveen/ Debby.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia