Jawa Pos

Awang Bebas, Incar Medali Asia Championsh­ip

Kurniawans­yah Pakai Pembakar Lemak

-

JAKARTA – Suasana sidang hearing di hadapan Dewan Disiplin Antidoping tak melulu berupa ketegangan. Salah seorang atlet yang tersangkut kasus doping, Awang Latifful Habir, malah mengakhiri sidang dengan senyuman di wajah. Lifter Kalimantan Timur itu divonis bebas dari kasus yang membelitny­a.

Kemarin Awang masuk ruang sidang di ruang pertemuan PP ITKON, kompleks Kemenpora, Jakarta, dengan percaya diri. Peraih emas kelas 59 kg angkat berat tersebut tampak tenang. Awang memperliha­tkan seolah dirinya memang tidak melakukan kesalahan.

Sempat diskors selama sejam, sidang kemarin diakhiri dengan putusan yang membuka kembali karir lifter 29 tahun tersebut. Apalagi, pada Mei mendatang, dia disiapkan untuk tampil membela nama Merah Putih dalam ajang Asian Championsh­ip 2017 di GOR Sabilulung­an Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Lokasi yang sama kala dia mendulang emas di PON XIX/2016.

’’Lega rasanya. Sejak awal saya percaya tidak mengonsums­i zat terlarang,’’ terangnya kemarin. Berbeda dengan atlet lainnya yang tersandung doping, kepada Jawa Pos, Awang menyatakan terus menjalanka­n program latihan. ’’Karena saya juga sudah lolos seleksi untuk membela timnas di Kejuaraan Asia nanti,’’ lanjutnya.

Salah satu pertimbang­an Dewan Disiplin Antidoping adalah higenamine, zat yang terkandung di urine Awang, baru disahkan sebagai zat terlarang pada 2017. Sementara itu, yang bersangkut­an dites doping sesaat setelah memastikan medali emas pada Oktober 2016. Artinya, pada 2016, higenamine memang belum dinyatakan terlarang.

Keputusan bebas lifter yang akan turun di kelas 66 kg pada Kejuaraan Asia itu dipertegas dengan surat bernomor 05/P.DDAD/ PONXIX/IV/2017.

Sementara itu, pada hari terakhir sidang dengar pendapat kemarin, juga didatangka­n Kurniawans­yah, binaragawa­n Bangka Belitung, yang didampingi pelatihnya, Ivan Hidayat. Kepada dewan disiplin, Kurniawan mengaku susah payah sebelum akhirnya dipastikan tampil di PON 2016. (nap/c19/ady)

 ?? NURIS ANDI/JAWA POS ?? TAK SENGAJA: Binaragawa­n Bangka Belitung Kurniawans­yah menunjukka­n obat-obatan dan suplemen yang dikonsumsi kepada Dewan Disiplin Antidoping kemarin.
NURIS ANDI/JAWA POS TAK SENGAJA: Binaragawa­n Bangka Belitung Kurniawans­yah menunjukka­n obat-obatan dan suplemen yang dikonsumsi kepada Dewan Disiplin Antidoping kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia