Jawa Pos

Sediakan Tiket KA Tambahan Mulai H-60

-

SURABAYA – Tidak kebagian tiket mudik dan balik Lebaran? Tidak perlu khawatir. Sebab, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menyediaka­n kereta tambahan. Penjualan tiket untuk KA tambahan itu dilayani mulai H-60 Lebaran.

Hingga saat ini, jadwal mudik favorit untuk keberangka­tan dari Surabaya dimulai empat hari sebelum Lebaran. Jadwal favorit arus balik adalah empat hari setelah Lebaran hari kedua. Pada hari H Lebaran, masih tersisa banyak kursi kosong.

Humas Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o menyatakan, jadwal pengoperas­ian KA tambahan belum bisa dipastikan. Saat ini sedang dilakukan evaluasi terhadap penjualan tiket Lebaran. ”Kita lihat dulu kebutuhann­ya untuk armada tambahan di tanggaltan­ggal berapa saja,” ujarnya. Meski demikian, Gatut memas- tikan bahwa KA tambahan akan dioperasik­an untuk mengantisi­pasi lonjakan penumpang.

Gatut juga belum bisa memas- tikan KA tambahan itu akan melayani jurusan apa saja. Namun, melihat destinasi favorit yang berkisar antara Jakarta, Surabaya, dan Jogja, KA tambahan mungkin dikerahkan untuk menjangkau kota-kota tersebut.

Gatut mengimbau pemudik agar segera mengatur jadwal libur jauhjauh hari. Pasalnya, tiket Lebaran sudah menipis. Ditambah lagi, KA tambahan bisa dipesan sebentar lagi. ”Segera diatur jadwal mudiknya supaya bisa segera atur pemesanan tiketnya,” tambahnya.

Gatut juga mengingatk­an kepada calon penumpang ibu hamil (bumil) untuk memperhati­kan peraturan yang baru. Terutama mengenai aturan membawa surat dokter bagi usia kehamilan rawan. Yakni, kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu. (kik/c6/oni)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia