Jawa Pos

Polisi Kerahkan Drone

-

SIDOARJO – Sejarah baru bakal ter ukir di Telatah Jenggolo alias Sidoarjo pada Minggu lusa (9/4). Ribuan jamaah akan membanjiri Kota Delta untuk mengikuti doa bersama atau istighotsa­h kubro bersama para kiai. Bahkan, panitia memperkira­kan jumlah jamaah yang datang bisa mencapai sejuta orang.

Maklum. Kegiatan istighotsa­h kubro itu sudah lama tidak dihelat warga nahdliyin. Kali terakhir pada 1996 di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya. Karena itu, ada kerinduan

Bahkan, meski yang menghelat PW NU Jatim, tetapi dalam perkembang­annya, yang ingin datang juga dari luar provinsi daerah. Di antaranya dari Jawa Tengah.

Karena itu, persiapan pengamanan agar istighotsa­h kubro berjalan lancar dan khidmat pun terus dilakukan jajaran kepolisian. Kemarin sore Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muhammad Anwar Nasir bersama perwira jajarannya mendatangi Stadion Gelora Delta sekitar pukul 16.30. ”Ini kita mengecek kesiapan kegiatan besok (hari ini, Red),” katanya di selasela pemantauan.

Pagi ini petugas gabungan melaksanak­an gelar pasukan. Berbagai instansi lain juga turut dilibatkan untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban istighotsa­h kubro. Selain dari TNI dan kepolisian, petugas pengamanan berasal dari dinas perhubunga­n, satpol PP, Barisan Ansor Serbaguna (Banser), dan instansi lain.

Selain melaksanak­an gelar pasukan, personel yang dikerahkan bakal melakukan geladi bersih di posisi masing-masing. Dengan demikian, saat acara dilaksanak­an, mereka bisa langsung mengetahui persis penempatan dan tugas yang bakal diemban untuk turut melayani jamaah. ”Ketika hari H tidak terlalu banyak arahan lagi. Langsung apel, cek kekuatan, dan menuju lokasi,” jelas polisi kelahiran Makassar itu.

Mantan Kapolres Nganjuk tersebut kembali menegaskan, pihaknya memberikan atensi tinggi pada keamanan istighotsa­h kubro. Jumlah personel pun terus bertambah. Semula pihaknya hanya mengerahka­n sekitar 1.800 orang, lalu bertambah menjadi sekitar 2.500 orang, dan kini meningkat menjadi 4.000 orang. Petugas gabungan itu bertambah banyak karena mendapat suntikan personel dari Polres Pasuruan, Mojokerto, dan Gresik.

”Karena jumlah jamaah diperkirak­an membeludak, kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman. Tidak menutup kemungkina­n angkanya akan terus bertambah,” katanya.

Anwar menambahka­n, pihaknya juga bakal mendirikan command center. Ada layar monitor yang disiapkan di beberapa titik. Selain itu, polisi akan mengerahka­n sejumlah drone. Dengan demikian, petugas bisa dengan mudah melakukan pemantauan melalui live streaming.

Pemanfaata­n drone untuk memudahkan pemantauan memang sangat beralasan. Sebab, jamaah diperkirak­an akan meluber. Tidak hanya di dalam dan sekitar area stadion. Namun, bakal memutih hingga ke jalan-jalan protokol di kawasaan perkotaan. Kepadatan Kota Delta itu diperkirak­an terjadi sejak Sabtu malam (8/4) lantaran masuknya jamaah dari luar kota.

Wakil Ketua PC NU Sidoarjo Moh. Kirom menyatakan, persiapan di area Stadion Gelora Delta dilakukan selama tiga hari, dimulai kemarin. Kirom berharap sarana dan prasarana sudah benar-benar ready pada Sabtu (8/4). ”Jamaah yang datang juga akan ditata. Dipisahkan antara yang laki-laki dengan perempuan,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Gerakan Pemuda (GP) PC Ansor Sidoarjo Rizza Ali Faizin membenarka­n bahwa pihaknya akan bersama-sama kepolisian, TNI, dan petugas lain mengawal pelaksanaa­n istighotsa­h kubro. Dia mengungkap­kan, lebih dari 200 ribu anggota Banser dari seluruh Jatim bakal ikut turun. ”Jumlah warga NU di Jatim itu berkisar 25 juta orang. Jadi, jumlah Banser juga banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, antusiasme jamaah menyambut istighotsa­h kubro kali ini memang terasa luar biasa. Bukan hanya sebatas ikut menjadi doa bersama, tetapi juga berpartisi­pasi memberikan bantuan sosial. Di antaranya, melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu). Donasi terus mengalir ke lembaga itu. Bentuk bantuan berupa dana hingga makanan dan minuman kemasan.

”Terus berdatanga­n. Misalnya untuk kebutuhan air mineral. Sampai sekarang sudah ada ribuan dus,” kata Azkiyah Ismail, panitia dari Lazisnu. Panitia pun terus membuka partisipas­i atau donasi. Dia mengatakan, siapa pun yang tergerak bisa menghubung­i 0857312818­37, 0813303685­28, atau rekening Bank Syariah Mandiri 7199899998. (jos/edi/c10/hud)

 ??  ??
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PETUGAS TERBESAR: Kombespol Muhammad Anwar Nasir bersama Wakapolres­ta AKBP Indra Mardiana (kanan) mendatangi Stadion Gelora Delta untuk persiapan gelar pasukan pagi ini. Foto atas, panggung besar untuk Istighotsa­h Kubro PW NU Jatim pada Minggu lusa...
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PETUGAS TERBESAR: Kombespol Muhammad Anwar Nasir bersama Wakapolres­ta AKBP Indra Mardiana (kanan) mendatangi Stadion Gelora Delta untuk persiapan gelar pasukan pagi ini. Foto atas, panggung besar untuk Istighotsa­h Kubro PW NU Jatim pada Minggu lusa...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia