Jawa Pos

Kumpulkan 175 Calon Jamaah Haji Cadangan

-

SIDOARJO – Tambahan kuota calon jamaah haji (CJH) menjadi kabar baik bagi warga Kota Delta. Total ada 175 CJH cadangan yang diberikan. Karena itu, Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo akan mengumpulk­an seluruh CJH cadangan tersebut pada Senin (10/4).

Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofii menyatakan, kuota tambahan 5 persen untuk Jawa Timur telah ditentukan sesuai dengan nomor porsi. Yakni, diambil dari nomor porsi di atas 1300435157 (nomor porsi tertinggi di Jatim). ’’Jadi, tinggal diurutkan di atas nomor porsi sebanyak 175,’’ ujarnya.

Meski begitu, seluruh CJH yang masuk nomor porsi tersebut belum tentu berangkat. Karena itu, Kemenag mengumpulk­an 175 CJH cadangan tersebut untuk menandatan­gani surat pernyataan kesiapan berangkat ibadah haji. ’’Kalau ada CJH yang tidak berangkat, di dalam surat pernyataan itu juga tertulis tidak boleh menuntut,’’ tuturnya.

Rofii menambahka­n, tambahan CJH cadangan itu harus segera mendapatka­n pengarahan dan penjelasan. Khususnya untuk mempersiap­kan diri dalam pembuatan paspor. ’’Urusan paspor tidak bisa ditunda. Kalau memang CJH tersebut berangkat, harus segera mengurus,’’ katanya.

Berbeda dengan CJH lunas tunda. Rofii menjelaska­n, CJH lunas tunda yang dimaksud adalah mereka yang sudah melunasi biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH) tahun lalu, tetapi tidak bisa berangkat. Mereka diberi ganti untuk berangkat tahun ini. ’’Kalau sudah dua kali tidak berangkat, CJH lunas tunda dianggap tidak menggunaka­n haknya,’’ ucapnya.

Hal-hal seperti itu akan dijelaskan langsung ketika sosialisas­i pada Senin (10/4). Sebab, menurut dia, banyak CJH yang masih belum memahami aturan tersebut. Karena itu, surat pernyataan tersebut sangat penting. ’’Saya yakin euforia warga Sidoarjo dengan tambahan CJH cadangan ini begitu tinggi. Tentunya kami juga akan siapkan lebih baik,’’ jelasnya.

Rofii menuturkan, pelunasan ongkos BPIH tahun ini untuk tahap awal diperkirak­an pada pada 10 April–5 Mei. Tahap kedua berlangsun­g pada 22 Mei–2 Juni. Total penetapan BPIH untuk embarkasi Surabaya tercatat Rp 35,67 juta. ’’Sekarang kami masih menunggu surat resmi dari pusat,’’ paparnya.

Saat ini Kemenag terus memproses pengurusan paspor CJH. Setiap hari Kemenag mendapat jatah pengurusan sekitar 100 paspor. Pada saat weekend bisa mencapai 500–600 CJH. ’’Hari ini (kemarin, Red) kami juga menerima paspor dari imigrasi. Masih belum tuntas, tetapi terus diproses,” katanya. (ayu/c15/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia