Jawa Pos

UNBK SMK Tuntas, Dilarang Konvoi

Soal Unas SMA Sederajat Diamankan

-

GRESIK – Tidak ada aksi coret-coret baju, apalagi konvoi. Mengakhiri ujian nasional berbasis komputer (UNBK) kemarin (6/4), para pelajar SMK di Gresik memilih langsung meninggalk­an sekolah dan pulang. UNBK SMK di 49 sekolah berakhir lancar.

Koordinato­r tim help desk UNBK Gresik Sabar Yartono menyatakan, tidak ada laporan kendala dari proktor maupun sekolah. UNBK hari terakhir dinilai kondusif. ’’Mulai sesi pertama sampai sesi ketiga lancar,’’ katanya kemarin.

Cabang Dispendik Wilayah Gresik juga memastikan tidak ada insiden apa pun. Seluruh siswa tuntas mengerjaka­n soal sampai selesai. Setelah selesai pun, tidak ada aksi yang dulu pernah nge- top. Yaitu, coret-coret baju seragam sebagai ekspresi kegembiraa­n setelah unas selesai. ’’Tidak ada konvoi atau corat-coret. Anak-anak langsung pulang istirahat,’’ ujar Kepala Cabang Dispendik Wilayah Gresik Puji Hastuti.

Aksi ala anak-anak SMA/SMK itu ternyata sudah diantisipa­si pihak sekolah. Kepala SMK PGRI 1 Gresik Arief Susanto menyatakan, setelah mengerjaka­n soal, siswa langsung dikumpulka­n di aula sekolah. Mereka diimbau langsung kembali ke rumah masing-masing. Konvoi di jalan raya dilarang keras. ’’Anak-anak langsung pulang. Jadi, kondusif sekali,’’ jelasnya.

Setelah UNBK SMK berakhir kemarin, Cabang Dispendik Wilayah Gresik langsung menyiapkan unas jenjang SMA/MA. Kemarin (6/4) naskah soal tiba. Yakni, naskah untuk sekolah yang mengadakan paper based test (PBT) atau ujian kertas. Naskah tersebut tiba di Dispendik Gresik, lalu didistribu­sikan dengan pengawalan kepolisian.

Setelah itu, naskah disimpan di setiap polsek. Dokumen tersebut diantar ke sekolah-sekolah pada hari H unas, Senin (10/4). ’’Itu sesuai prosedur unas PBT,’’ tambah Puji Hastuti.

Dia menyebutka­n, naskah soal tersimpan dalam 82 boks. Adapun penyelengg­ara PBT terdiri atas 75 lembaga. Yaitu, 51 MA dengan jumlah siswa 2.567 peserta. Lalu, 24 lembaga lainnya adalah penyelengg­ara paket C (setara SMA). Jumlah peserta ujian paket C mencapai 1.115 orang. Untuk Pulau Bawean, soal dikirim pekan lalu. (mar/c22/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? ANGKUT SOAL: Kepala Dispendik Gresik Mahin (kanan) memeriksa soal unas SMA kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS ANGKUT SOAL: Kepala Dispendik Gresik Mahin (kanan) memeriksa soal unas SMA kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia