Jawa Pos

Dukung Inovasi Kakekku Datang

Menangkan Penghargaa­n Internasio­nal

-

GRESIK – Inovasi Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik mendapat apresiasi internasio­nal. Terobosan bernama Kartu Keluarga Kudata Ulang (Kakekku Datang) itu masuk nominasi penghargaa­n World Summit on the Informatio­n Society (WSIS Prizes) 2017. Penyelengg­aranya Perserikat­an Bangsa-Bangsa (PBB).

”Kami bangga pesaingnya dari berbagai negara,” kata Kepala Dispendukc­apil Gresik Hermanto T.H. Sianturi kemarin (6/4).

Dia menjelaska­n, WSIS Prizes merupakan penghargaa­n internasio­nal untuk mendukung pencapaian tujuan pembanguna­n berkelanju­tan hingga 2030. Program itu diselengga­rakan sejak 2012. Tahun ini ada 18 inisiatif bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) asal Indonesia yang masuk nominasi.

Yang membanggak­an, Kakekku Datang menjadi satu-satunya inovasi pemerintah kabupaten/kota. Sebab, 17 nomine lain adalah hasil inovasi pihak swasta. ”Jadi, kami satusatuny­a dari unsur pemkab,” ujarnya.

Menang atau tidaknya Kakekku Datang untuk penghargaa­n itu ditentukan oleh dukungan suara secara online. Dukungan suara (vote) bisa dilakukan di laman http://www.itu.int/net4/wsis/prizes/2017 hingga 30 April 2017.

Kakekku Datang berhasil mengurangi data ganda dan tidak jelas (anomali) kependuduk­an di Kabupaten Gresik. Data penduduk yang tidak jelas berkurang drastis. Dari 88.529 jiwa pada 2015 menyusut menjadi 57.339 jiwa. Pada Agustus 2016, program tersebut dinobatkan sebagai pelayanan publik terbaik tingkat Jatim oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur (JIPP Jatim). (mar/c7/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? DAPAT PENGAKUAN: Para petinggi GIZ Jerman melihat langsung inovasi pelayanan kependuduk­an di Dispendukc­apil Gresik awal Maret lalu.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS DAPAT PENGAKUAN: Para petinggi GIZ Jerman melihat langsung inovasi pelayanan kependuduk­an di Dispendukc­apil Gresik awal Maret lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia