Jawa Pos

Ruangan Cantik dengan Flamingo Decoupage

-

GRESIK – Teknik menempel kertas bergambar atau decoupage bisa diterapkan pada berbagai macam benda. Dengan begitu, benda yang awalnya hanya polos jadi lebih manis. Kegemaran mengaplika­sikan decoupage menjadi kebiasaan Septi Nur Aini sejak 2016.

Bedanya, dia tidak lagi memotong dan menempelka­n kertas di botol kaca. Melainkan pada alat pengharum ruangan otomatis. ’’ Sengaja tidak ditempel di botol kaca bekas. Saya pikir bakal lebih ribet karena botol harus dicat dulu,’’ kata Septi. Selain itu, lanjut dia, botol kaca kurang fungsional dan mudah pecah. Berbeda dengan alat pengharum ruangan otomatis yang sudah punya fungsi. ’’ Kalau ditempel di alat pengharum seperti ini kan sudah tentu digunakan. Nah, biar lebih indah waktu dipasang di dinding, saya kasih flamingo decoupage,’’ tuturnya.

Septi memang penggemar berat burung flamingo. Bagi dia, flamingo yang semampai terlihat cantik dan anggun. Ibu dua anak itu pun memilih tisu decoupage bergambar burung flamingo. Warnanya fuschia kombinasi tosca.

Selain itu, Septi membuat sarung bantal sofa dengan motif flamingo. Benda tersebut berbahan katun lokal yang bertekstur lembut dan adem. Juga, hoop art dari kain serupa. Tiga item itu menjadi satu set bertema flamingo. ’’ Ternyata banyak juga yang suka,’’ ungkapnya. Selain flamingo, decoupage bergambar fauna lain banyak difavoritk­an. Di antaranya, merak dan nuri.

Tisu decoupage Eropa dengan gambar aneka jenis burung itu ditempel pada alat pengharum ruangan berbahan doff. Bukan glossy. Sebab, gambar dari tisu decoupage yang sudah tertempel akan cepat mengelupas jika ditempelka­n pada bahan glossy.

Penempelan tisu decoupage pada alat pengharum ruangan itu pun harus dilakukan secara perlahan. ’’ Tisu ditekan kuat, tapi halus. Terutama di bagian pinggiran-pinggirann­ya agar menyatu sempura,’’ paparnya. (hay/c15/ai)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MENARIK: Septi Nur Aini menunjukka­n decoupage hasil karyanya yang berhias burung flamingo.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MENARIK: Septi Nur Aini menunjukka­n decoupage hasil karyanya yang berhias burung flamingo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia