Jawa Pos

Tol Bawen–Salatiga Sudah 99 Persen

-

SEMARANG – Tol trans-Jawa seksi Bawen–Salatiga dipastikan siap digunakan saat masa mudik Lebaran tahun ini. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meminta pekerjaan konstruksi tol tersebut dipercepat karena urusan pembebasan lahan hampir rampung. Presiden kemarin (8/4) mendatangi lokasi pembanguna­n konstruksi tol di Kilometer 37+600 Jembatan Tuntang, Kecamatan Bawen.

Ruas itu bagian dari proyek tol Semarang–Solo yang ditargetka­n bisa tuntas tahun ini. ”Ini sudah bertahunta­hun tidak bisa selesai karena masalah pembebasan lahan,” ujar Jokowi setelah mendapatka­n penjelasan mengenai progres tol. Saat ini, lanjut presiden, pembebasan lahan tol sepanjang 18,2 kilometer (km) tersebut hampir rampung. Rata-rata pembebasan lahan sudah 97–99 persen. Sehingga urusan berikutnya tinggal konstruksi. Ditargetka­n, konstruksi tol itu sudah bisa rampung dan digunakan untuk akses mudik tahun ini.

Jokowi menjelaska­n, konstruksi tol ruas Bawen–Salatiga sedikit berbeda dengan lainnya. Lokasi tol tersebut berada di kawasan perbukitan. Alhasil, proses konstruksi menjadi berat. ” Yang paling berat itu menghadapi bukit-bukit yang perlu pemotongan,” lanjut mantan wali kota Solo tersebut. Bahkan, saat ini kontraktor masih punya pekerjaan rumah memindahka­n 140 ribu meter kubik tanah.

”Hingga awal April ini. Progres konstruksi Bawen– Salatiga sepanjang 17,5 km sudah 96,07 persen. Kami positif tol Bawen–Salatiga bisa beroperasi saat mudik Lebaran 2017 ,” imbuh Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o. (byu/bil/mia/c9/oki)

 ??  ?? BIRO PERS ISTANA PRESIDEN TUNTAS: Jokowi (tengah) meninjau tol Bawen-Salatiga kemarin.
BIRO PERS ISTANA PRESIDEN TUNTAS: Jokowi (tengah) meninjau tol Bawen-Salatiga kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia