Jawa Pos

Simalakama Januzaj

-

MASA peminjaman Adnan Januzaj akan habis di Sunderland. Pada akhir musim ini, striker Belgia itu akan kembali ke Manchester United. ” Yang bisa saya katakan, secara mental sekarang saya sudah membaik. Itu yang telah menjadi kekuatan saya. Kini saya jauh lebih kuat daripada saya yang dulu,” klaim Januzaj kepada North

Shields Gazette 15 Maret lalu. Benarkah? Faktanya, Januzaj belum juga membuktika­n bahwa dirinya adalah seorang striker. Peran yang seharusnya mampu mencetak gol. Januzaj tidak pernah lagi menciptaka­n gol Premier League-nya sejak 1 tahun 7 bulan 26 hari yang lalu. Bahkan, kali terakhir dimainkan pelatih David Moyes saat melawan Watford (1/4), dia hanya jadi bahan boo sekelompok fans Sunderland sendiri.

Ironisnya, United sebagai pemilik permanen Januzaj sangat mungkin tidak menerimany­a. Di tengah kebutuhan United akan bomber yang ganas selain Zlatan Ibrahimovi­c, pelatih Jose Mourinho tidak memention-nya pada konferensi pers Jumat waktu setempat (7/4). Sama-sama striker yang pernah membela United, justru Javier ”Chicharito” Hernandez yang dipujinya.

Terkait dengan pemain 22 tahun itu, Mourinho seperti dikutip Manchester Evening News mengaku sudah punya keputusan. Menerima kembali Januzaj dalam skuadnya di musim depan atau menjualnya. ”Ya, saya sudah menentukan­nya. Tetapi, saya tidak akan mengatakan­nya kepada kalian,” ujar dia.

Mourinho memang tidak menyatakan secara eksplisit. Namun, Simon Stone sebagai jurnalis BBC Sport sudah mengatakan bahwa Januzaj akan terbuang dari United. ” Dua kali dia jadi pinjaman sudah bisa membuktika­n mampu atau tidaknya dia memberikan efek yang signifikan bagi klub seperti ekspektasi Mourinho,” ucapnya.

Sebelum dipinjam Sunderland sejak musim panas lalu, Januzaj semusim menjadi pemain pinjaman di Borussia Dortmund pada musim 2015–2016. Hanya separo musim jadi pinjaman di Dortmund, dia cuma main 12 laga di semua ajang. Di Sunderland dia padahal sudah diberi jam main lebih banyak. Januzaj bermain di 21 laga Premier League, tapi tetap nihil golnya.

Penyakit Januzaj tetap sama: tidak ada keinginan dari dirinya untuk berusaha lebih keras dalam mengejar posisi starter. Moyes sebagaiman­a dikutip Daily Star mengaku sudah mengingatk­annya. ”Beberapa kali saya sudah katakan kepadanya, cara terbaik untuk membungkam boo ya mencetak gol,” ucap Moyes. (ren/c9/tom)

 ?? ANDREW YATES/REUTERS JASON CAIRNDUFF LIVEPIC /REUTERS ?? REDUP: Adnan Januzaj (kiri) harus kembali ke United setelah masa peminjaman­nya habis. TAMBAH SEMANGAT: Pemain Manchester United Paul Pogba saat membela timnya pada laga melawan Everton di Old Trafford (4/4). United melakoni laga tandang melawan...
ANDREW YATES/REUTERS JASON CAIRNDUFF LIVEPIC /REUTERS REDUP: Adnan Januzaj (kiri) harus kembali ke United setelah masa peminjaman­nya habis. TAMBAH SEMANGAT: Pemain Manchester United Paul Pogba saat membela timnya pada laga melawan Everton di Old Trafford (4/4). United melakoni laga tandang melawan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia