Jawa Pos

PSSI Siapkan 100 Wasit

-

WACANA penggunaan wasit asing dalam Liga 1 musim depan dipastikan menguap. PSSI telah memastikan seratus wasit yang akan bertugas dalam kompetisi level teratas sepak bola tanah air itu. Mereka mengikuti penyegaran wasit di Jakarta sejak Sabtu kemarin (7/4).

Seratus orang itu terdiri atas 45 wasit dan 55 asisten wasit. Mereka mendapat pembekalan dari Muhammad Rozali, instruktur wasit yang dikirim oleh Asian Football Confederat­ion (AFC). Materi dominan terkait dengan regulasi pertanding­an baru dari FIFA.

Selain mendapat materi di ruangan berupa regulasi tersebut, para wasit diboyong ke lapangan terbuka untuk tes fisik. ’’Mereka akan mengikuti fitness test dua hingga tiga hari. Dari situ, akan terlihat wasit mana yang siap memimpin pertanding­an di liga profesiona­l yang bakal lebih ketat itu,’’ kata Yesayas Leihitu, anggota Komite Wasit PSSI.

Mental para wasit juga akan diuji dengan melakukan psikotes untuk mengetahui objektivit­as seorang wasit saat mengambil keputusan dalam kondisi sulit. Sebab, lanjut Yesayas, salah satu problem wasit tanah air belakangan ini adalah dalam hal ketepatan mengambil keputusan sehingga sering menimbulka­n protes berlebihan dari pemain.

’’Pertanding­an berkualita­s akan lahir kalau dipimpin wasit yang berkualita­s juga. Dan, saat ini kami berusaha menyiapkan wasit berkualita­s itu,’’ ucapnya.

Lantas, bagaimana wasit untuk Liga 2? Pria berdarah Ambon itu menuturkan, mereka sudah mempersiap­kan 160 perangkat pertanding­an untuk kompetisi level kedua itu dan akan berlangsun­g di Bandung. (ben/c4/ham)

 ?? SIDIK TUALEKA/JAWA POS ?? PENGADIL: Penyegaran wasit PSSI untuk Liga 1 musim ini di Jakarta (8/4).
SIDIK TUALEKA/JAWA POS PENGADIL: Penyegaran wasit PSSI untuk Liga 1 musim ini di Jakarta (8/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia