Jawa Pos

Pembinaan ala Spanyol

-

YANG dilakukan PSIS Semarang dan Persis Solo saat ini barangkali bisa dipertimba­ngkan klub-klub lain atau bahkan oleh PSSI. Di Liga 3 musim ini, dua tim asal Jawa Tengah (Jateng) tersebut menerjunka­n tim junior mereka. PSIS turun dengan nama Berlian Rajawali-Putra PSIS, sedangkan Persis menerjunka­n Persis Muda Gotong Royong. Keduanya mulai berkompeti­si di Liga 3 zona Jateng yang bergulir hari ini (9/4). Dilaporkan oleh tim Putra PSIS musim ini memutuskan merger dengan tim Berlian Rajawali Semarang yang telah vakum dua musim terakhir. Sedangkan Persis Muda Gotong Royong sudah memasuki musim kedua. ’’Ke depan kami juga mulai menyusun program membangun akademi yang diharapkan bisa melahirkan pemain-pemain untuk PSIS di masa yang akan datang,’’ beber CEO PT Mahesa Jenar Semarang A.S. Sukawijaya selaku pengelola tim PSIS senior dan Putra PSIS.

Di Spanyol, tim-tim besar, misalnya Real Madrid (Real Madrid Castilla) dan Barcelona (Barcelona B), pun melakukan hal serupa: menerjunka­n tim muda mereka di divisi bawah. Itu cara mereka mematangka­n para talenta muda yang tidak tertampung di skuad utama.

Terkait dengan tim muda PSIS dan Persis yang kini berkompeti­si di Liga 3 Asprov Jawa Tengah, Efraim Ferdinand, direktur kompetisi PSSI, mengatakan menilai bahwa mereka merupakan tim yang berbeda dengan skuad senior masing-masing. Jadi, tidak masalah jika PSIS U-23 kemudian berhasil lolos ke Liga 2 dan berada di level kompetisi yang sama dengan PSIS. (bas/nik/c4/ttg/)

 ??  ?? Semarang, Jawa Pos Radar
Semarang, Jawa Pos Radar

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia