Jawa Pos

Kantongi 50 Nama untuk Dua Tim

-

SURABAYA – Seleksi pemain yang akan mengisi skuad Persebaya U-16 selesai kemarin. Seratus pemain yang berasal dari 20 klub internal Persebaya melakoni penjaringa­n tahap akhir di Lapangan Persebaya, Karanggaya­m, Surabaya.

Seratus pemain itu didapat panitia hasil turnamen U-16 yang selesai digelar Minggu lalu (2/4). Nah, kemarin mereka melakoni tahapan akhir dengan hanya tersisa 50 pemain. Mereka direncanak­an berseragam Green Force untuk mengikuti Liga Pelajar U-16 Piala Menpora yang digelar April ini.

Para pemantau adalah para pelatih yang juga berasal dari 20 klub tersebut. Di antaranya, Muharom Rusidana, Yanto Imam, dan M. Nurkiman. Mereka semua berada di bawah komando Totok Risantono selaku koordinato­r tim pemantau.

Menurut Totok, pihaknya akan mengirim dua tim ke ajang tahunan itu. Target mereka sudah jelas: juara. Sebab, tahun lalu Persebaya U-16 menjadi runner-up setelah ditumbangk­an Persib U-16 di partai puncak.

’’Dari 50 pemain, masing-masing tim terdiri atas 25 pemain. Kami sudah menyiapkan tim pelatih juga. Rencananya, Muharom (Rusdiana) dan Japok (Yanto Imam) yang akan menukangi masing-masing tim itu,’’ terang Totok kepada Jawa Pos kemarin.

Tetapi, lanjut Totok, 50 nama itu belum final. Dia akan memberlaku­kan promosi- degradasi ( promdeg). Beberapa nama memang sudah dipastikan masuk skuad. Namun, sisanya akan dipantau sesuai dengan perkembang­an saat latihan.

Perubahan peraturan usia pemain juga dilakukan pada seleksi ini. Sebelumnya, pesepak bola yang bisa mengikuti seleksi hanya yang lahir setelah 1 Januari 2002. Namun, pihaknya suah menerima edaran bahwa pemain kelahiran 2001 juga bisa diturunkan. ’’Tetapi, itu juga terbatas. Harus kelahiran setelah 1 Juli 2001. Peraturan tetap khusus untuk (pemain kelahiran setelah) 1 Januari 2002. Yang di atas itu dibatasi boleh mendaftark­an lima pemain saja dan yang turun maksimal tiga,’’ imbuh mantan pelatih Persebaya itu.

Sayang, pihaknya belum menerima kepastian jadwal Piala Menpora. Namun, Totok menyatakan sudah menyiapkan jadwal agar para pemain siap melakoni pertanding­an sewaktu-waktu.

Para pemain itu akan menjalani latihan perdana Selasa nanti (11/4). Bertempat di Lapangan Persebaya, Muharom dan Japok akan memandu pemain muda Green Force.

’’Penampilan beberapa pemain sudah bagus. Tetapi, kami memang harus terus memantau dan memoles mereka agar bisa membawa nama baik Persebaya di kancah nasional,’’ ujar pemain Persebaya era 1980-an itu.

 ?? ADITYA W. PRAHARA/JAWA POS ?? BIBIT MUDA: Koordinato­r tim pemantau Totok Risantono memberikan pengarahan kepada para pemain yang lolos dalam seleksi akhir Persebaya U-16 di Lapangan Persebaya, Karanggaya­m, Surabaya, kemarin.
ADITYA W. PRAHARA/JAWA POS BIBIT MUDA: Koordinato­r tim pemantau Totok Risantono memberikan pengarahan kepada para pemain yang lolos dalam seleksi akhir Persebaya U-16 di Lapangan Persebaya, Karanggaya­m, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia