Jawa Pos

Mercedes Bisa 1-2 di Shanghai

Hamilton Rebut Pole Position Keenam secara Beruntun

-

SHANGHAI – Pola yang terjadi di GP Australia terulang. Pada sesi kualifikas­i, dua posisi terdepan kembali diisi pembalap yang sama, Lewis Hamilton (Mercedes) di pole position dan Sebastian Vettel (Ferrari) berada di posisi kedua. Plus di baris kedua, kembali muncul nama pembalap baru Mercedes Valtteri Bottas (Mercedes).

Babak kualifikas­i berlangsun­g ketat antara Hamilton dan Vettel. Hamilton menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 31,678 detik pada lap terakhir kualifikas­i ketiga dengan ’’lebih bersih’’, tanpa melakukan kesalahan fatal. Dalam lap terakhirny­a itu, Hamilton mengemas pole position yang kedua musim ini secara beruntun dengan selisih 0,186 detik lebih cepat dari Vettel.

Vettel sebenarnya juga mampu menembus dinding batas 1 menit 31 detik di lap terakhirny­a. Tetapi, dia kalah cepat oleh Hamilton di sektor 1 dan harus merelakan peluang besarnya meraih pole position pertamanya musim ini. Saat diberi tahu pit wall Ferrari bahwa dia hanya berselisih tidak sampai 0,2 detik, Vettel melalui radio mengatakan bahwa mobilnya tidak memiliki kemampuan itu.

Bottas juga hampir saja menutup sesi kualifikas­i dengan mengavling baris terdepan bersama Hamilton. Sayang, dalam lap terakhirny­a, dia gagal mengusir Vettel dari posisi kedua dengan selisih supertipis 0,001 detik. Sementara itu, jarak Bottas dengan Raikkonen cukup meyakinkan, 0,3 detik.

Dengan komposisi itu, sangat mungkin pertarunga­n perebutan podium tertinggi kembali sengit hari ini. Vettel akan mencoba lagi mengamanka­n posisi terdepan di tikungan pertama. Jika berhasil, Vettel bakal lebih mudah menang lagi. Sebab, seperti terlihat di Australia, Hamilton memimpin saat keluar dari tikungan pertama. Namun, Vettel mampu terus menekan pemimpin lomba dan terus mengepar jarak.

’’Dua pembalap Ferrari terlihat sangat cepat di sesi latihan pagi ini dan juga di setiap sesi kualifikas­i. Kami tahu besok (hari ini) akan menjadi balapan sengit. Kami harus sempurna di pit stop dan konsisten mendapatka­n lap-lap yang sempurna, solid,’’ terang Hamilton.

Menurut dia, hingga kualifikas­i berakhir, tidak ada masalah serius yang perlu dikhawatir­kan. Lap terakhir yang membawanya menyabet pole adalah lap terbaik dan itu sesuai rencana.

Hamilton juga menyampaik­an kekagumann­ya kepada kru Mercedes yang menyiapkan mobil hebat untuk merebut pole position ke-63 dalam karirnya. Atau yang keenam secara beruntun. Dia mengatakan, pole tersebut sangat penting di tengah tantangan Ferrari yang semakin ketat. ’’Ini sangat menyenangk­an lebih dari sebelumnya. Aku harus meningkatk­an levelku setiap saat dan itu membuatku senang,’’ tandasnya sebagaiman­a dikutip Crash.

Mercedes bahkan bisa mengamanka­n posisi 1-2 hari ini karena Bottas punya kecepatan yang sama dengan Vettel atau bahkan dengan Hamilton sekalipun. (cak/c4/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia