Jawa Pos

Ramai-Ramai Ulurkan Tangan

Suplai Logistik untuk Jamaah

-

SIDOARJO – Hari ini (9/4) Kota Delta dipastikan sangat padat. Terutama di jalur sekitar Stadion Gelora Delta. Sebab, ada doa bersama atau istighotsa­h kubro PW NU Jatim. Kegiatan keagamaan itu melibatkan sangat banyak jamaah. Mereka datang dari berbagai kabupaten/kota di Jatim.

Karena itu, jika tidak ada keperluan yang sangat men - desak, sebaiknya warga Sidoarjo untuk sementara tidak keluar. Mungkin, arus kepadatan baru mencair pukul 12.00. Adapun pelaksanaa­n istighotsa­h kubro dimulai pukul 06.00 dan berakhir pukul 10.00

Berdasar pantauan Jawa Pos, rombongan ja maah mulai mengalir ke Sidoarjo sejak kemarin sore. Terutama mereka yang dari ujung Jatim. Di antaranya, dari Banyuwangi, Sumenep, dan Pacitan.

Mereka menggunaka­n bus. Semakin malam jumlah jamaah yang datang kian banyak. Begitu tiba, banyak yang memilih beristirah­at di masjid, musala, sekolah, hingga pondok-pondok pesantren.

Titik-titik kepadatan bakal terjadi di ruas jalan menuju Stadion Gelora Delta. Di antaranya, Jalan Raya Jenggolo, Jalan Pahlawan, Jalan Cemengkala­ng, dan ruas tol Sidoarjo. Polisi pun merekayasa lalu lintas. Dari utara (Surabaya– Malang) menuju Jalan Raya Buduran, Sidoarjo, dialihkan ke jalan lingkar timur hingga tembus ke Jalan Raya Candi. Titik pengalihan arus itu diberlakuk­an di sekitar Maspion II.

Pengalihan arus juga dilakukan di jalur selatan (Malang–Surabaya). Lalu lintas dari Jalan Raya Candi menuju pusat Kota Sidoarjo dialihkan ke lingkar timur. Pengalihan tersebut diberlakuk­an tepat di depan Mapolsek Candi. Dari sisi barat, lalu lintas yang menuju Jalan Raya Jati dialihkan ke Jalan Raya Sarirogo hingga tembus Sukodono dan berujung ke Kletek.

’’Di setiap titik sudah kami sebar anggota untuk mengatur lalu lintas. Kami juga memohon pengguna jalan untuk bersabar,’’ kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muhammad Anwar Nasir.

Sementara itu, antusiasme warga menyambut istighotsa­h kubro PW NU Jatim terasa luar biasa. Hal itu juga dirasakan Direktur Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah NU (Lazisnu) Sidoarjo Rifkan Fanani. Dia menjelaska­n, sejak empat hari lalu banyak warga dari seluruh Jatim yang berpartisi­pasi membantu kesuksesan kegiatan yang sudah lama dirindukan tersebut. Terutama berupa logistik makanan dan minuman.

’’Itu lihat sendiri Mas, sampai tumplek bleg,’’ ungkapnya sembari menunjuk tumpukan air mineral di Kantor Lazisnu Sidoarjo di Kompleks Gedung PC NU Sidoarjo, Jalan Erlangga.

Rifkan menyatakan, banyak warga yang mendesak pihaknya untuk mengorgani­sasi bantuan. ’’Sampai sekarang (kemarin sore, Red) bantuan terus berdatanga­n. Untuk air mineral saja, ada ribuan dus. Jumlahnya terus meningkat. Kami hanya membantu Lazisnu Jatim,’’ katanya.

Yang diterima Lazisnu Jatim tentu melimpah lagi. Selain dari warga

nahdliyin, bantuan itu berasal dari mitra kerja Lazisnu. Salah satunya, mitra wirausaha Lazisnu dalam program NU preneur.

Bukan hanya melalui Lazisnu. Warga yang bermukim di sekitar Stadion Gelora Delta Sidoarjo ikut andil memberikan support. Ada yang merelakan lahannya untuk lokasi parkir, menampung jamaah, hingga menyediaka­n makanan dan minuman bagi peserta istighotsa­h kubro. Salah satunya, F. Effendi. Kemarin sore dia mempersiap­kan makanan dan minuman yang akan diberikan untuk jamaah.

Di rumahnya di kawasan Taman Pinang Indah, dia bersama istri dan anggota keluargany­a terlihat sibuk mempersiap­kan logistik berupa makanan dalam kotak. Menurut dia, bantuan itu meru pakan wujud kepedulian terhadap sesama. ’’Ini inisiatif saya pribadi. Untuk jaga-jaga, mungkin ada yang lupa bawa bekal,’’ ungkapnya.

Dia menyediaka­n 500 bungkus nasi dan air mineral. Effendi pun mengapresi­asi kegiatan doa bersama dengan para kiai sepuh itu. Apalagi, acara tersebut bertujuan untuk keselamata­n umat dan bangsa. Dia berharap kondisi negeri ini tetap aman, damai, dan menjadi lebih baik. ’’Semoga setelah nurullah seperti dalam tema istghotsah kubro kali ini benar-benar terkabul,’’ ungkapnya.

Dukungan dan bantuan juga datang dari berbagai organisasi kemasyarak­atan lainnya. Gusdurian Sidoarjo, misalnya. Ketua Gusdurian Sidoarjo M. Amirul Haq Zain menyatakan, untuk menyambut istighotsa­h kubro, pihaknya telah menyiapkan posko khusus. Posko itu berada di sekitar Stadion Gelora Delta. Mereka menyediaka­n makanan dan air mineral gratis bagi para peserta. Ada ratusan air mineral dan makanan yang berasal dari sumbangan para pemuka agama. ’’Kami juga menyiapkan tim kesehatan khusus untuk membantu merawat peserta yang sakit,’’ jelasnya.

Hampir seluruh tempat ibadah di sekitar pusat kota ikut terlibat sebagai sukarelawa­n dalam kegiatan istighotsa­h kubro PW NU Jatim. ’’Menurut kami, ini bukan acara satu dua orang. Ini acara lintas iman. Semoga sukses dan membawa berkah bagi seluruh umat,’’ jelasnya. Dia pun berharap kegiatan yang bertujuan memperkuat kesatuan dan persatuan perlu diselengga­rakan lebih banyak lagi.

Sementara itu, para relawan yang ikut berpartisi­pasi semakin beragam. Selain ribuan pelajar dan mahasiswa yang siap menjadi pasukan semut ( petugas kebersihan), para relawan medis ikut andil.

Menurut Iqbal Faizin, pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Jatim sekaligus Asosiasi Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (ARSINU) Jatim, ada banyak relawan kesehatan yang turun. Antara lain, 19 dokter dan 28 perawat. Mereka tersebar di pos-pos kesehatan di sekitar Stadion Gelora Delta. ’’Jumlah yang mau jadi relawan kesehatan terus bertambah. Banyak yang ingin mendaftar,’’ katanya.

Iqbal menambahka­n, pihaknya menyiapkan layanan tambahan untuk memberikan kenyamanan dan langkah responsif bagi jamaah. Ada sekitar 16 ambulans yang berasal dari klinik dan rumah sakit sekitar Stadion Gelora Delta. ’’Ada tim kesehatan yang tinggal di posko. Ada juga yang berpatroli mengitari stadion,’’ jelasnya.

Tim kesehatan tidak sendiri dalam menjalanka­n tugas tersebut. Ada tim semut yang bakal ikut membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan. Mereka siap siaga membawa peserta yang sakit menuju pos kesehatan setempat. Tidak hanya menjadi tenaga kesehatan, tim semut berfungsi sebagai kelompok yang menjaga keamanan dan kebersihan kegiatan tersebut.

’’Palang Merah Remaja (PMR) juga turut andil dalam memberikan layanan kesehatan,’’ katanya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TERBESAR: Panggung besar sepanjang 40 meter yang menjadi tempat duduk para kiai, habib, dan ulama dalam istighotsa­h kubro di Stadion Gelora Delta hari ini.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TERBESAR: Panggung besar sepanjang 40 meter yang menjadi tempat duduk para kiai, habib, dan ulama dalam istighotsa­h kubro di Stadion Gelora Delta hari ini.
 ??  ??
 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? SUMBANGAN UNTUK JAMAAH: Bantuan air mineral dan makanan terus mengalir ke kantor Lazisnu Sidoarjo.
JOS RIZAL/JAWA POS SUMBANGAN UNTUK JAMAAH: Bantuan air mineral dan makanan terus mengalir ke kantor Lazisnu Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia