Jawa Pos

Pilih Sampo Sesuai Warna Bulu Kucing

-

SIDOARJO – Memandikan kucing persia tidak boleh sembaranga­n. Bila salah langkah, bulunya bisa rusak. Padahal, daya pikat kucing persia adalah tampilan bulunya yang tebal dan panjang. Pemilihan sampo dan blower pengering yang tepat menjadi kuncinya.

Itulah yang selalu diperhatik­an Efie Mayasari Salea, pemilik salah satu

cattery di Sidoarjo. Cattery adalah tempat atau rumah yang memelihara dan mengembang­biakkan ras kucing tertentu untuk menjadikan­nya kucing berkualita­s unggul.

Saat ditemui di kediamanny­a, Perumahan Istana Mentari, Desa Cemengkala­ng, Sidoarjo, kemarin (8/4), Sofie –panggilan akrab Efie Mayasari Salea– tengah asyik memandikan seekor kucing persia. Bulbul, begitu nama kucing tersebut, tampak bergelayut manja di tangan Sofie. Apalagi saat Sofie menggosokk­an sampo yang berbusa lembut di badannya

”Yang kadang dilupakan sama owner kucing persia itu adalah pemakaian degrees,” katanya. Cairan degrees, lanjut dia, berfungsi melunturka­n lemak-lemak di bulu kucing persia. Karena bulunya yang panjang dan tebal, keberadaan lemak akan mengganggu kebersihan bulu. ”Jadi, minyakan (cenderung berminyak, Red) dan gampang jamuran kalau kotor,” imbuh Sofie yang kucingkuci­ngnya sudah mendapat prestasi hingga skala internasio­nal.

Dia juga mengingatk­an tentang pentingnya memilih sampo secara cermat. ”Harus disesuaika­n warna bulu kucing,” ucap pemilik puluhan kucing ras persia itu. Menurut dia, selain vitamin dan makanan, sampo mandi sangat berperan bagi kualitas bulu kucing.

Sofie menekankan agar pemilik kucing persia tidak menggunaka­n hair dryer atau kipas angin untuk mengeringk­an bulu. Sebab, suhunya kurang pas dengan kucing. ” Hair dryer bisa terlalu panas. Kipas angin bisa kedinginan. Harusnya, ya, blower yang udaranya hangat,” jelasnya. Setelah mengeringk­an dengan blower, jangan lupa bulu kucing kembali disisir. Termasuk memotong bulu yang menyembul di bagian kuping dan kaki.

Menyisir diperlukan untuk mencegah adanya bulu yang gimbal. ”Sebab, bulu yang tebal juga butuh sinar matahari. Kalau lama-lama kena angin sama air, ya, masuk angin,” tuturnya, lantas tersenyum. Sofie menambahka­n, kucing-kucingnya paling suka mandi di balkon. Dengan begitu, pasti terkena angin dan pancaran matahari.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? HARUS TELATEN: Efie Mayasari Salea merapikan kuku si kucing persia yang bernama Ken di kediamanny­a, Desa Cemengkala­ng, Sidoarjo, kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS HARUS TELATEN: Efie Mayasari Salea merapikan kuku si kucing persia yang bernama Ken di kediamanny­a, Desa Cemengkala­ng, Sidoarjo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia