Jawa Pos

Ratusan Mahasiswa Ikuti Latihan Kepemimpin­an

-

SIDOARJO – Mulai kemarin (8/4) hingga sore ini (9/4) sekitar 200 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) mengikuti pelatihan kepemimpin­an. Mereka digembleng di Pacet, Mojokerto. Dengan pelatihan itu, pemimpinpe­mimpin yang unggul diharapkan lebih banyak.

’’Cara-cara menjadi pemimpin yang baik itu disampaika­n semua dalam kegiatan kali ini,’’ ujar Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Umsida Azif Nofebri.

Dalam hal cara memimpin, lanjut dia, banyak materi yang dibahas

Misalnya, terkait dengan manajemen waktu, manajemen kelompok, manajemen konflik, membangun relasi, serta nilainilai kepemimpin­an yang juga menjadi nilai luhur bangsa Indonesia. Antara lain, bersikap jujur, adil, serta bertanggun­g jawab. ’’Di kampus pun mereka tidak lepas dengan hal kepemimpin­an,’’ tutur Azif.

Dia mencontohk­an saat harus menjadi ketua kelas sekaligus ketua organisasi di dalam kampus. Misalnya, BEM fakultas, himpunan jurusan, dan unit kegiatan mahasiswa (UKM). ’’Di Umsida saja ada 43 organisasi di bawah naungan BEM. Nah, semua itu kan pasti ada pemimpinny­a,’’ kata Azif.

Untuk persiapan agar bisa memimpin diri sendiri maupun organisasi dengan baik, pelatihan tersebut diselengga­rakan untuk seluruh mahasiswa FISIP yang semester 2. Dengan demikian, saat menginjak semester yang lebih tinggi, kesiapan mereka sudah baik. Ilmu yang mereka miliki terkait dengan kepemimpin­an pun akan semakin banyak.

’’Makanya, harus disiapkan sejak dini. Apa-apa kalau disiapkan sejak awal pasti lebih baik,’’ kata mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa Inggris itu. Selain pelatihan kepemimpin­an secara serempak, akan diselengga­rakan sejumlah pelatihan lainnya. ’’Dari setiap organisasi juga mempunyai pelatihan sendiri, baik kepemimpin­an maupun keorganisa­sian. Bahkan, temanya sangat variatif, bergantung kebutuhan,’’ tutur Azif.

Salah satu yang melandasi kegiatan tersebut adalah ayat Alquran yang menyebutka­n bahwa setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggun­gjawaban atas kepemimpin­annya. ’’Agar tidak salah langkah ke depannya. Baik saat memimpin diri sendiri, keluarga, perusahaan, maupun negara,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia