Jawa Pos

Peka Alam untuk Pegiat Muda

-

SIDOARJO – Hujan deras mengguyur kawasan Taman Tanjoeng Puri kemarin (8/4). Angin dingin sesekali menerjang. Meski begitu, semangat puluhan anggota Klub Indonesia Hijau (KIH) untuk mempelajar­i materi-materi lingkungan di Pendapa Agung sama sekali tak luntur.

Kegiatan Perkemahan Alam (Peka Alam) itu mengusung tema capacity building facilitato­r. Terdapat 40 peserta yang datang dari lima kota. Yakni, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Probolingg­o, dan Jember. Ada yang berlatar belakang mahasiswa dan pegiat lingkungan muda.

’’Mereka harus paham soal kepekaan lingkungan sejak muda,’’ kata M. Nur Kholid, ketua panitia Peka Alam. Dalam agenda yang berlangsun­g hingga hari ini tersebut, sejumlah pool of resources KIH dari beberapa wilayah lain dihadirkan sebagai pemateri. Salah satunya adalah Ecological Consultant Jakarta Ninil Jannah.

Dia mengajak para aktivis muda mendiskusi­kan jasa ekosistem dan analisis persoalan lingkungan. ’’Kenapa kalau lewat hutan kita merasa lebih sejuk?’’ pancingnya. Dari pertanyaan itu, Ninil mengajak peserta ikut berpikir soal jasa ekosistem dalam menghasilk­an sumber daya alam (SDA) yang dapat digunakan manusia. Misalnya, hutan menghasilk­an oksigen yang menyejukka­n. ’’Kalau tahu, kita bisa menghargai dan menjaga ekosistem ini,’’ tuturnya. Dia juga mengingatk­an peserta tentang pentingnya daerah resapan air untuk mencegah banjir.

Para peserta tampak aktif dalam berbagai sesi. Mulai bertanya hingga memberikan tanggapan. ’’Mereka tidur di tenda samping danau agar sensasi alamnya benar-benar terasa,’’ ujar Ketua KIH Sidoarjo Heksa Widagdo, lantas tersenyum.

Hisyam Fatkhul Ulum, peserta asal Malang, mengaku sangat menikmati acara tersebut. ’’Pemateriny­a kompeten. Terus, banyak game, jadi fun. Benar-benar menyiapkan bekal buat jadi fasilitato­r lingkungan,’’ kata pemuda 23 tahun itu.

 ?? ALEX QOMARIAH/JAWA POS ?? BERBAGI PENGETAHUA­N: Ninil Jannah, ecological consultant dari Jakarta, memberikan materi mengenai jasa ekosistem dan analisis persoalan lingkungan kepada anggota Klub Indonesia Hijau (KIH) di Taman Tanjoeng Puri kemarin.
ALEX QOMARIAH/JAWA POS BERBAGI PENGETAHUA­N: Ninil Jannah, ecological consultant dari Jakarta, memberikan materi mengenai jasa ekosistem dan analisis persoalan lingkungan kepada anggota Klub Indonesia Hijau (KIH) di Taman Tanjoeng Puri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia