Jawa Pos

Gelar Liga Matematika, Bikin Games Sendiri

-

SIDOARJO – Suara riuh tepuk tangan terdengar dari sejumlah ruang kelas SD Islam Kreatif Mutiara Anak Sholeh kemarin (8/4). Sejak pukul 07.30, para siswa yang lolos babak final liga matematika mulai bertanding. Setelah liga matematika berakhir, acara dilanjutka­n dengan wisuda bersama seluruh peserta munasaqoh Alquran SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh.

’’Sekitar sebulan diadakan liga matematika ini. Hari ini (kemarin, Red) finalnya,’’ ujar Hasyim Asy’ari, panitia liga matematika. Dalam liga matematika yang diselengga­rakan sekolah tersebut, terdapat dua kategori pertanding­an. Yakni,

dan Untuk peserta khusus dari sis- wa kelas 1–3. Sedangkan pertanding­an diperuntuk­kan bagi siswa kelas 4–6. Meski berkompeti­si ketat, para peserta menjalanin­ya dengan

Dalam terdapat kertas persegi yang digunakan untuk bermain. Pada kertas tersebut, terdapat gambar empat kotak di kubu A dan empat kotak di kubu B. Di atas kotak tadi terdapat tiga lingkaran.

Cara bermainnya cukup sederhana. Dua dadu dilempar. Angka yang keluar ditulis tiap-tiap pemain ke kotak pertama dari deretan empat kotak yang ada. Misalnya, keluar angka 2, berarti di kotak pertama milik kubu A ditulis angka 2. Pada kotak pertama milik kubu B juga ditulis angka 2. Dadu kemudian di- lempar kembali, angka yang keluar ditulis ke kotak kedua. Begitu terus hingga keempat kotak terisi.

Setelah terisi semua, tiap-tiap pemain adu cepat mengoperas­ikan bilangan yang ada pada deretan empat kotak itu. Misalnya, empat kotak tadi berisi angka 2, 4, 6, dan 8. Maka, pemain bisa mengoperas­ikan 2x4-6+8= 10. Jadi, jawaban dari kotak yang ada itu 10. Nah, fungsi tiga lingkaran yang ada di atas kotak tadi adalah menuliskan tanda yang digunakan dalam pengoperas­ian bilangan.

’’Bebas diisi tanda apa saja, mulai pembagian, penguranga­n, penjumlaha­n, hingga perkalian. Yang penting hasil operasiona­lnya cepat dan benar,’’ terang Hasyim. Yang paling cepat akan mendapat satu poin. Dalam tiga kali permainan, yang paling banyak menang itulah pemenangny­a.

Untuk para peserta sama-sama menggunaka­n papan. Dalam papan itu ada banyak angka yang tertulis dalam sejumlah kotak kecil layaknya papan catur. Nah, masing-masing pemain adu cepat mengoperas­ikan bilangan apa saja yang hasilnya saling berjejer tiga dalam kotak. Bisa vertikal maupun horizontal. ’’Kalau sudah tiga berderet, berati dapat satu poin,’’ terangnya.

Dua permainan tersebut diciptakan khusus untuk liga matematika kali ini. Tujuannya, siswa lebih bersemanga­t belajar matematika. ’’Belajar matematika tidak sulit, sangat menyenangk­an,’’ terang Hasyim. (uzi/c17/pri)

 ??  ?? camp operation
camp operation
 ??  ?? math camp operation. mix math, mix mix math, fun. camp operation,
math camp operation. mix math, mix mix math, fun. camp operation,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia