Jawa Pos

Tip Irit Dekor Rumah ala Shabby

-

GRESIK – Ruang tamu berukuran mini tidak jadi penghalang untuk mendekor sesuai kesukaan. Nastiti Retno Maruti berhasil menyulap ruang tamu mungilnya yang berukuran 3 x 3 meter. Saat ini ruang tamu tersebut terasa nyaman dan keren. Dia mengusung tema

”Dari dulu memang suka yang shabby. Mendekor ruang tamu sih mulai Agustus tahun lalu,” ujar Uti, sapaan akrab Nastiti Retno Maruti. Dia mengakui, konsep atau ide kebanyakan berasal dari dirinya. Sementara itu, eksekusiny­a lebih banyak dikerjakan sang suami, Erry Bramasto. Misalnya, membuat ambalan atau rak dinding penyangga dari kayu yang fungsional. Erry membuat ambalan itu dari kayu MDC. Begitu pula penutup kotak meteran listrik yang dibuat dari kayu MDC, lantas dicat biru. Juga, cermin model gebyok ala jendela jadul yang bersekatse­kat. Semua dibuat sendiri.

Dengan trik tersebut, Uti tidak memerlukan bujet selangit untuk menciptaka­n keindahan ruang tamu seperti yang ada dalam bayanganny­a. Selain membuat berbagai perkakas itu sendiri, Uti dan suami tidak segan memanfaatk­an barang-barang bekas. Misalnya, sofa bekas yang berhasil diubah menjadi cantik. ”Waktu itu nemu empat sofa bekas seharga Rp 200 ribu, langsung saya beli,” paparnya.

Ibu satu anak itu merombak keempat sofa bekas hingga hanya menyisakan rangka besi dan kaki sofa. Setelah mengganti bantalan sofa, dia menambahka­n kain goni berwarna hijau mint, krem, dan dusty blue serta kain bermotif bunga dalam balutan warna pastel yang lembut.

”Lumayan hemat dan tidak nguras kantong. Tentu, tidak semahal beli sofa di luaran,” kata Uti. Demi memperkuat tampilan yang lucu, dia memasang gorden pink dan karpet bulu putih. Botol-botol sampanye bekas yang diletakkan di rak dinding pun menjadikan tampilan ruang tamu Uti punya nuansa vintage. (hay/c16/ai)

 ??  ?? shabby shabby flower baby
shabby shabby flower baby
 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? shabby chic-vintage. shabby-
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS shabby chic-vintage. shabby-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia