Jawa Pos

Bagi Ilmu Tanam dan Olah Buah Tin

-

GRESIK – Buah tin yang kaya manfaat ternyata banyak peminatnya. Para petani dan penghobi buah tin pun berkumpul menjadi satu dalam sebuah komunitas bernama Fig Lovers Gresik yang berdiri di bawah naungan Fig Lovers Jawa Timur.

Muhammadin, ketua komunitas Fig Lovers Gresik, menyatakan bahwa komunitas tersebut menjadi wadah untuk menemukan jalan pemecah masalah. Khususnya para petani buah tin yang menemui berbagai kendala. ”Masing-masing petani pasti membawa kendala yang berbeda. Dengan bertemu sesama petani lain dalam satu komunitas, solusi makin terbuka,” paparnya.

Dia menjelaska­n, solusi itu bisa ditemukan karena masing-masing petani saling berbagi pengalaman serta pengetahua­n. Dengan begitu, kendala yang dialami seorang petani bisa dibantu petani lain yang berpengala­man. ”Kami juga sangat berupaya agar buah tin bisa lebih dibudidaya­kan. Sebab, manfaatnya sangat besar,” terangnya. Manfaat buah tin, antara lain, mengobati diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan sebagai antioksida­n.

Berbagai manfaat itu membuat buah tin makin banyak dicari dan dibutuhkan. Hampir seluruh anggota Fig Lovers Gresik memiliki kebun tin sendiri. Mereka juga mengolah buah tin menjadi berbagai macam penganan. Misalnya, teh, botok, rawon, dan gulai. ”Saya setahun belakangan memproduks­i teh buah tin. Sekarang mengurus perijinan agar jangkauan pemasarann­ya bisa lebih luas,” imbuhnya.

Lelaki asal Menganti tersebut mengungkap­kan, salah satu event besar yang diselengga­rakan komunitas tersebut adalah kopi darat (kopdar) yang dihadiri penghobi buah tin dari seluruh Indonesia. Saat itu, tema besar yang diangkat adalah seputar prospek buah tin pada masa depan dan soal proses perizinan usaha PIRT buah tin. Materi-materi tersebut langsung disampaika­n pihak yang kompeten. Di antaranya, Dinas Kesehatan Jatim, Dinas Pertanian Jatim, dan tokoh pengusaha sukses. (hay/c16/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia