Jawa Pos

Hidup Sehat, Mindset Kuat, Isi Dompet Aman

-

SURABAYA –” Friend...friend, tahu nggak? Untuk hidup sehat itu harus...” Sambil menepuk pundak teman di samping kanan, kalimat itu menjadi pencair suasana workshop bertajuk Check Up Your Body, Mind, and Wallet di Lounge Lobby Redaksi Jawa Pos, Graha Pena, kemarin (8/4). Ngobrol-ngobrol asyik itu memang mengulas cara hidup bahagia ala Komunitas Orang Pembelajar, Inspiratif, & WOW Speaker (Kopi Wow).

Ada tiga narasumber yang hadir dari komunitas tersebut. Mereka sharing ilmu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Ada tiga hal yang dapat dikatakan sebagai faktor pemicu kebahagiaa­n seseorang. Sehat saja? Masih kurang. Lebih bahagia lagi dengan mindset kuat dan dompet tebal. Caranya? Ya, pintar-pintar mengaturny­a.

Ridzotulla­hmad Nurchakim, salah satunya. Pria yang akrab disapa Edo itu sharing tentang kesehatan. ”Ayuk kita ulangi. Friend...friend, untuk hidup sehat itu...,” ujarnya. Edo menerangka­n, kesehatan menjadi faktor utama penentu kebahagiaa­n. Kalau sakit, pasti kita tidak bisa bahagia. Karena itu, menjaga kesehatan menjadi hal penting untuk individu.

Caranya mudah, dengan melakukan aktivitas yang menyehatka­n. Olahraga, misalnya, bisa dipilih sesuai hobi masing-masing. Lalu, Edo menyaranka­n untuk memperbany­ak konsumsi sayur dan buah. ”Ayo, dimulai sejak saat ini sebelum terlambat,” kata pria yang berprofesi sebagai ahli gizi tersebut.

Jangan mudah terlena saat Anda sudah melakukan dua hal tersebut. Tingkat keberhasil­annya bisa dilihat dari beberapa faktor. Misalnya, mengecek ukuran tubuh. Ukuran tubuh yang dimaksud terdiri atas tiga bagian. Yakni, berat badan, lingkar perut, serta rasio antara lingkar pinggang dan lingkar panggul.

Kemudian, ngobrol-ngobrol dilanjutka­n oleh Dicka Christama. Pria 29 tahun itu mengajak para peserta seminar untuk mengontrol mindset. Apakah itu penting? Ya, jawab Dicka tegas. Mindset memberikan pengaruh tehadap pola perilaku. Dari perilaku berlanjut pada kesuksesan masing-masing orang.

Materi terakhir disampaika­n Mimien Susanto tentang mengatur isi dompet. Ya, pengaturan keuangan yang baik membantu kesempurna­an fungsi hidup sehat dan mindset kuat. Pengaturan keuangan itu meliputi penghitung­an pendapatan, pengeluara­n, aset, investasi, dan utang, ”Yuk kita cek. Apakah keuangan kita saat ini sudah stabil,” ungkap Mimien. (bri/c7/nda)

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? CAIRKAN SUASANA: Edo (kanan) berbagi tip sehat pada momen Check Up Your Body, Mind, and Wallet di Lounge Lobby Redaksi Jawa Pos, Graha Pena, kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS CAIRKAN SUASANA: Edo (kanan) berbagi tip sehat pada momen Check Up Your Body, Mind, and Wallet di Lounge Lobby Redaksi Jawa Pos, Graha Pena, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia