Jawa Pos

UK Petra Raih Predikat PTS Terbaik di Indonesia

Didukung Dosen Berkualita­s Menuju Global University

-

UNIVERSITA­S Kristen Petra (UK Petra) terus menuai prestasi. Selama dua tahun berturut-turut, UK Petra menempati peringkat pertama sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia berdasarka­n peringkat yang disusun oleh Kemenriste­kDikti. Menurut data terakhir, UK Petra menempati peringkat ke-19 nasional. Sedangkan peringkat pertama hingga 18 ditempati oleh perguruan tinggi negeri.

Perguruan tinggi swasta di daerah Siwalanker­to Surabaya ini juga meraih akreditasi institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, dalam hal akreditasi UK Petra menempati peringkat ke-4 nasional dengan total skor mencapai 3,84.

Rektor UK Petra Prof Ir Rolly Intan MASc, Dr Eng yang telah menjabat sebagai rektor sejak 2009 ini mengatakan bahwa dalam dua tahun ini, UK Petra terus menjadi universita­s swasta terbaik. Informasi mengenai akreditasi perguruan tinggi BANPT dapat dilihat di ’’Dari sekitar 4.498 perguruan tinggi di Indonesia, total ada sekitar 1.130 perguruan tinggi yang terakredit­asi dan hanya 50 perguruan tinggi di antaranya yang terakredit­asi A,” kata Rolly.

Lebih lanjut Rolly menceritak­an saat UK Petra didirikan pada 1961, fakultas pertama yang didirikan yaitu fakultas sastra dan kini UK Petra telah memiliki sekitar 8.700 mahasiswa dari berbagai fakultas dengan 26 program studi/program S-1, lima program studi pascasarja­na (S-2), dan satu program studi doktoral (S-3). Dosen yang mengajar adalah lulusan dari universita­s dalam dan luar negeri yang bereputasi. Mereka memegang komitmen untuk menjalanka­n tri darma perguruan tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembang­an dan pengabdian pada masyarakat.

Salah seorang mahasiswa UK Petra, Bernardus Raka turut berbagi cerita. Laki-laki yang telah berhasil memenangka­n predikat Best Director video Gojek dan juara terfavorit iklan e-commerce Buka Lapak ini mengatakan bahwa dosen UK Petra selalu bersedia mengadakan kelas intensif jika ada lombalomba yang bersifat keilmuan dan bereputasi nasional atau internasio­nal.

’’Seringkali dosen sampai membuatkan kelas khusus dan perlombaan tersebut dijadikan tugas supaya kami terpacu,’’ kata mahasiswa semester akhir program studi (prodi) desain komunikasi visual ini.

Rico Chandra, salah seorang alumni prodi teknik informatik­a juga mengaku bahwa para dosen UK Petra sangat membantu mahasiswa dalam hal keilmuan dan soft skills. ’’Bekal kemampuan hard skills dan soft skills yang saya dapatkan ketika saya kuliah, sangat bermanfaat, ” ujar pria yang menjabat sebagai direktur marketing di salah satu perusahaan penyedia material bangunan ini.

Lebih lanjut, menurut Rolly, sesuai dengan visi UK Petra untuk menjadi global university dan dalam rangka meningkatk­an internasio­nalisasi, UK Petra bekerja sama dengan 91 partner universita­s di luar negeri. Setiap tahun, terdapat sekitar 500 mahasiswa UK Petra berkesempa­tan ke luar negeri dan 250 mahasiswa asing ke UK Petra untuk mengikuti berbagai program internasio­nal.

Alhasil, semakin banyak lulusan UK Petra yang mampu bersaing untuk bekerja di luar negeri. Salah satunya, semakin banyak lulusan UK Petra yang bekerja di Singapura, sehingga UK Petra mendapat pengakuan dari Kementeria­n Tenaga Kerja Singapura sebagai satu-satunya perguruan tinggi swasta di Jawa Timur yang lulusannya diakui untuk mendapat izin kerja di Singapura.

UK Petra memberikan kesempatan pada para calon mahasiswa untuk bergabung sebagai keluarga besar UK Petra melalui seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Manado, dan Samarinda. Khusus program studi Teknik Sipil dan Internatio­nal Business Management (IBM) tidak ditawarkan lagi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubung­i Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UK Petra, jalan Siwalanker­to 121-131, Surabaya, telepon 031-2983152/031-2983157 dengan laman http://pmb-online.petra.ac.id. E-mail admisi@petra.ac.id. ( rah/xav)

 ??  ?? https://ban-pt.ristekdikt­i. go.id/direktori/institusi/pencarian_institusi. SIAP TERJUN DI MASYARAKAT: Suasana kampus UK Petra. Para mahasiswa dibekali dengan kemampuan hard skill dan soft skill.
https://ban-pt.ristekdikt­i. go.id/direktori/institusi/pencarian_institusi. SIAP TERJUN DI MASYARAKAT: Suasana kampus UK Petra. Para mahasiswa dibekali dengan kemampuan hard skill dan soft skill.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia