Jawa Pos

Guru BK Harus Rangkul Murid Badung

-

SURABAYA – Dr Donald McMenamin adalah guru dan konsultan dari New Zealand. Dia berpengala­man menyelesai­kan sejumlah kasus siswa badung. Berkat metode yang diterapkan­nya, jumlah siswa yang tidak naik kelas di New Zealand berkurang. Kemarin (19/4) dia hadir di Surabaya untuk menularkan ilmu kepada para guru bimbingan konseling (BK).

Menurut McMenamin, guru BK memegang peranan penting dalam pengembang­an mental dan karakter siswa. Begitu pula ketika ada siswa yang bermasalah. Saat semua orang menjauhi anak itu, guru BK seharusnya menjadi sosok yang bisa merangkuln­ya. ”Jangan malah dijauhi, bahkan sampai dikeluarka­n dari sekolah,” tuturnya.

Dalam pelatihan tersebut, McMenamin mengenalka­n pendekatan two islands and a boat yang dikembangk­annya bersama pihak University of Waikato, New Zealand. Ibaratnya, pulau pertama merupakan tempat seorang anak berdiri dengan berbagai masalahnya. Pulau kedua adalah tempat yang ingin dicapainya setelah berhasil mengubah tabiat.

Di antara dua pulau itu, ada kapal untuk membawa siswa tersebut dari satu pulau ke pulau lainnya. Di situlah peran penting guru BK. Di pulau pertama, konselor perlu memahami karakter siswanya. Dia juga harus mengetahui sisi baik siswa. ”Gunakan sisi baik itu untuk mengubahny­a,” terang pria yang bekerja di dunia pendidikan selama 30 tahun itu.

Tugas guru BK adalah mengenali karakter siswa. Dengan demikian, dia bisa ikut membantu menyelesai­kan permasalah­an para murid. ”Guru BK adalah orang yang paling bisa memberikan kenyamanan,” tegasnya.

Kemarin, sekitar 62 guru BK tingkat SMA/SMK, baik negeri maupun swasta, mengikuti kegiatan yang diselengga­rakan Education New Zealand (ENZ) itu. Bekerja sama dengan Fortrust Education Service, mereka berupaya mengubah paradigma guru BK yang selama ini ditakuti hingga menjadi sosok yang paling dekat dengan siswa.

Marketing and Strategic Relations Manager ENZ Indonesia Karmela Christy menjelaska­n, mereka melakukan riset sebelum mengadakan pelatihan bagi guru BK.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Surabaya Mokhamad Imron berharap kegiatan tersebut membawa manfaat. (ant/c18/nda)

 ??  ?? UBAH WAWASAN: Dr Donald McMenamin memberikan materi kepada guru-guru BK di JW Marriott Hotel Surabaya kemarin.
UBAH WAWASAN: Dr Donald McMenamin memberikan materi kepada guru-guru BK di JW Marriott Hotel Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia